Hubungan antara tingkat kecemasan dengan nilai fundamental Basic Science pada mahasiswa angkatan 2020-2021 Prodi Pendidikan Dokter FK UWKS

Putra Atmaja, I Ketut Adi (2022) Hubungan antara tingkat kecemasan dengan nilai fundamental Basic Science pada mahasiswa angkatan 2020-2021 Prodi Pendidikan Dokter FK UWKS. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK I Ketut Adi Putra Atmaja.pdf

Download (543kB)
[img] Text
HASIL PLAGIASI PERSENTASE I Ketut Adi Putra Atmaja.pdf

Download (75kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Kecemasan pada seseorang bisa terjadi akibat rasa kekhawatiran, ketakutan yang tidak diketahui penyebabnya dengan jelas. Hal ini dapat muncul karena sebab yang tidak jelas atau tidak spesifik, dimana hal tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan merasa terancam. Pada masa pandemi covid-19 banyak terjadi perubahan tatanan kehidupan baik dari segi sosial, ekonomi, dan pendidikan. Perubahan tersebut dapat menyebabkan kecemasan di masyarakat, terutama di bidang pendidikan yang dilakukan secara daring. Pada penelitian ini akan dilakukan evaluasi tingkat stress pada pembelajaran dan Ujian online yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Dokter Fakultas kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada tahun 2020 diakibatkan oleh Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan desain penelitian Cross Sectional. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji Spearman Correlation. Dari hasil pengujian Uji Spearman Correlation diperoleh p-value sebesar 0,003 (< 0,05) yang menunjukkan bahwa adanya hubungan yang cukup erat antara tingkat kecemasan dengan nilai FBS pada mahasiswa Angkatan 2020-2021 Prodi Pendidikan Dokter FK UWKS dan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,363, yang termasuk pada kategori cukup erat atau kuat.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Mahasiswa, Pendidikan, Covid-19.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: I Ketut Adi Putra Atmaja
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:26
Last Modified: 26 Jan 2022 01:26
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10805

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year