Analisis hubungan faktor risiko kejadian infeksi saluran kemih pada pasien geriatri dengan riwayat diabetes melitus tipe 2

Widyasanti, Ni Putu Indri (2022) Analisis hubungan faktor risiko kejadian infeksi saluran kemih pada pasien geriatri dengan riwayat diabetes melitus tipe 2. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK_ Ni Putu Indri Widyasanti_18700041_2018A (1) - Copy.pdf

Download (595kB)
[img] Text
Lampiran Cek Plagiasi 1.pdf

Download (100kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Infeksi saluran kemih merupakan suatu infeksi yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroorganisme di dalam saluran kemih manusia. Infeksi saluran kemih merupakan penyakit infeksi kedua tersering setelah infeksi saluran pernafasan dan sebanyak 8,3 juta kasus dilaporkan per tahun. Infeksi saluran kemih ini dapat terjadi akibat penurunan sistem kekebalan tubuh contohnya seperti diabetes melitus. Tujuan penelitian studi literatur ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan faktor risiko kejadian infeksi saluran kemih pada pasien geriatri dengan riwayat diabetes melitus tipe 2. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review dengan teknik naratif. Data-data yang digunakan adalah dari berbagai hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelum penelitian ini dibuat. Sumber data berupa artikel jurnal yang diperoleh dari Google Scholar, PubMed, dan Science Direct berdasarkan topik yang sudah dipilih. Pemilihan sumber-sumber literatur dilakukan berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang sudah ditentukan. Hasil studi literatur ini adalah hubungan faktor risiko yang paling tinggi adalah usia yang terjadi rata-rata usia 57 tahun, jenis kelamin perempuan, gula darah tinggi atau hiperglikemia Kesimpulan terdapat hubungan faktor risiko usia, jenis kelamin dan gula darah pada kejadian infeksi saluran kemih pada pasien geriatri dengan riwayat diabetes melitus tipe 2. Kata Kunci: Diabetes Melitus tipe 2,Faktor Resiko, Geriatri, Infeksi Saluran Kemih.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus tipe 2, Faktor Resiko, Geriatri, Infeksi Saluran Kemih.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: 70 Ni Putu Indri Widyasanti UWKS
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:25
Last Modified: 18 Jan 2022 06:25
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10749

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year