PENGENALAN INTERAKSI ALAT TRANSPORTASI UMUM DENGAN TEMPAT PEMBERHENTIAN PADA ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

Wahyuningtyas, Emmy (2016) PENGENALAN INTERAKSI ALAT TRANSPORTASI UMUM DENGAN TEMPAT PEMBERHENTIAN PADA ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. Fakultas Teknik UWKS.. (Unpublished)

[img] Text
4. PENGENALAN INTERAKSI ALAT TRANSPORTASI UMUM DENGAN TEMPAT PEMBERHENTIAN PADA ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY.pdf

Download (297kB)

Abstract

Abstrak Memperkenalkan sesuatu hal pada anak-anak usia dini 4-6 tahun tentunya tidaklah mudah. Demikian juga di TK Wildani 2 Surabaya untuk memperkenalkan alat transportasi umum modern seperti pesawat, kapal, kereta, bus dan angkutan kota dengan tempat pemberhentian yang masih menggunakan gambar dua dimensi. Untuk memudahkan mereka dalam mengidentifikasi dan mengingat alat transportasi umum dengan tempat pemberhentian menggunakan tampilan tiga dimensi dan animasi tentunya lebih menarik bagi anak-anak untuk belajar serta lebih mudah memahami atau mengetahui bentuk alat transportasi umum dengan pemberhentiannya. Hal ini mendorong penulis untuk mencoba untuk menunjukkan model alat transportasi umum dengan tempat pemberhentian ke dalalm bentuk 3D augmented reality pada smartphone yang dapat membantu anak-anak untuk belajar transportasi umum. Aplikasi tersebut memiliki tingkat keberhasilan yaitu 68% maka media pembelajaran pengenalan interaksi alat transportasi dengan tempat pemberhentian untuk anak usia dini 4-6 tahun menggunakan Augmented Reality dapat dijadikan sebagai media pembelajaran baru, siswa lebih tertarik belajar mengenal interaksi alat transportasi dengan pemberhentiannya. Kata Kunci: augmented reality, android, pembelajaran, usia dini Abstract Introducing something at an early age children 4-6 years is certainly not easy. Likewise in kindergarten Wildani 2 Surabaya to introduce modern public transportation such as aircraft, ships, trains, buses and public transportation with stops that are still using the two-dimensional image. To facilitate them in identifying and considering public transportation with stops using three-dimensional view and the animation is certainly more interesting for children to learn and easier to understand or know the form of public transportation with dismissal. This prompted the authors to try to show the model of public transportation with stops all forms of drawing a 3D augmented reality on smartphones that can help children to learn the public transportation. The app has a success rate of 68%, the introduction of learning media interaction of transport with stops for young children 4-6 years using Augmented Reality can be used as a new learning media, students are more interested to learn about the interaction of transport with dismissal. Keywords: augmented reality, android, learning, early childhood

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer Science or Informatics Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:32
Last Modified: 05 Jan 2022 02:32
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10661

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year