Hubungan pengetahuan tentang covid-19 terhadap perilaku cuci tangan yang baik dan benar pada siswa SMA Negeri X Waingapu Kabupaten Sumba Timur

Pandjukang, Dewi Rambu Hana (2021) Hubungan pengetahuan tentang covid-19 terhadap perilaku cuci tangan yang baik dan benar pada siswa SMA Negeri X Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Hasil Cek Plagiasi Dewi Rambu Hana Pandjukang.pdf

Download (51kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Cuci tangan di masa pandemi Covid-19, merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Namun tidak semua orang mengetahui bagaimana cara cuci tangan yang baik dan benar. Hal ini berkaitan dengan pengetahuan seseorang terhadap Covid-19, terlebih pada siswa SMA. Berdasarkan fenomena tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pengetahuan tentang Covid-19 terhadap perilaku cuci tangan yang baik dan benar pada siswa SMA Negeri X Waingapu kabupaten Sumba Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study dimana variabel bebas dan terikat diambil dalam waktu bersamaan pada siswa SMA Negeri 2 Waingapu. Variabel bebas adalah pengetahuan tentang Covid-19 dan variabel terikat adalah perilaku cuci tangan yang baik dan benar. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Waingapu dengan besar sampel yang diambil sebanyak 87 siswa. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan metode proportional stratified random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi somers’d. Dari hasil analisis data yang dilakukan, diketahui adanya hubungan antara pengetahuan tentang Covid-19 dengan perilaku cuci tangan pada Siswa SMA Negeri X Waingapu kabupaten Sumba Timur yang dibuktikan dengan nilai uji korelasi somers’d sebesar 0,017 (< 0,05).

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Cuci Tangan, Covid-19
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: 70 dewi UWKS
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:35
Last Modified: 03 Feb 2022 02:35
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10573

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year