Hubungan tingkat stress dengan motivasi belajar saat pandemi COVID-19 pada angkatan 2019 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Artikawati, Maya Dwi (2021) Hubungan tingkat stress dengan motivasi belajar saat pandemi COVID-19 pada angkatan 2019 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
1. Abstrak.pdf

Download (746kB)
[img] Text
Cek plagiasi persennya saja.pdf

Download (399kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Pada awal 2020 dunia dikejutkan oleh covid-19 atau lebih populer dengan virus corona. Hal ini memberikan kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat dunia dilihat dari penularan virus ini yang sangat cepat. Indonesia juga menerapkan lock down yaitu dengan mengeluarkan surat edaran untuk melakukan aktifitas pembelajaran jarak jauh (sekolah online atau daring).Namun, hal ini menjadi masalah tersendiri bagi mahasiswa diantaranya listrik yang bisa padam, jaringan internet yang tidak stabil (Prawiyogi et al., 2020 ) sehingga menyebabkan mahasiswa stress dan mempengaruhi motivasi belajar. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis atau mengetahui hubungan Hubungan Tingkat Stress Dengan Motivasi Belajar Saat Pandemi COVID-19 Pada Angkatan 2019 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional yang akan dianalis secara deskriptif dan analitik. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Untuk mengetahui tingkat stres dalam penelitian ini menggunakan Kuesioner Perceived Stress Scale (PSS-10) dan untuk mengetahui motivasi belajar menggunakan kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Dari Hasil Penelitian berikut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara Tingkat Stress Dengan Motivasi Belajar Saat Pandemi COVID-19 Pada Angkatan 2019 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Kata kunci : Covid-19, tingkat stres, motivasi belajar, Perceived Stress Scale (PSS-10), Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ).

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Covid-19, tingkat stres, motivasi belajar, Perceived Stress Scale (PSS-10), Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ).
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RB Pathology
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: 70 maya UWKS
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:45
Last Modified: 13 Jan 2022 02:45
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10567

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year