Hubungan tingkat stres terhadap kualitas tidur mahasiswa angkatan 2018 yang sedang menyusun tugas akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Putri, Dilla Dayana (2021) Hubungan tingkat stres terhadap kualitas tidur mahasiswa angkatan 2018 yang sedang menyusun tugas akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img] Text
PLAGIARISM.pdf

Download (338kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Putri, Dilla Dayana. 2021. Hubungan Tingkat Stres Terhadap Kualitas Tidur Mahasiswa Angkatan 2018 Yang Sedang Menyusun Tugas Akhir Di Fakultas Kedokteran Universitas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: Akmarawita Kadir ; Akhmad Sudibya. Mahasiswa kedokteran menempuh studi pendidikan yang panjang untuk menjadi dokter. Sehingga mahasiswa kedokteran dalam setiap kegiatannya tidak terlepas dari stres. Stres pada mahasiswa kedokteran juga dikarenakan merasa tertekan pada saat mengerjakan tugas akhir atau skripsi, menyebabkan mahasiswa kedokteran rentan mengalami stres sehingga membuat kualitas tidur juga memburuk. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan stres terhadap kualitas tidur mahasiswa angkatan 2018 yang sedang menyusun tugas akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian sejumlah 150 orang dengan sampel sejumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Untuk mengetahui tingkat stres dalam penelitian ini menggunakan Kuesioner Depression, Anxiety, and Stress Scales (DASS – 42) yang telah dimodifikasi dan untuk mengetahui kualitas tidur dalam penelitian ini menggunakan Kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) yang telah dimodifikasi. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji Mann Whitney. Dari hasil penelitian dengan uji Mann Whitney menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat stres terhadap kualitas tidur dengan nilai p-value 0,000. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan yang antara tingkat stres terhadap kualitas tidur mahasiswa angkatan 2018 yang sedang menyusun tugas akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Kata kunci: kualitas tidur, tingkat stres, tugas akhir.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: kualitas tidur, tingkat stres, tugas akhir.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: 70 Dilla Dayana Putri UWKS
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:04
Last Modified: 15 Nov 2021 02:04
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10511

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year