Efektivitas ekstrak kulit jeruk nipis dalam menghambat pertumbuhan bakteri streptococcus pyogenes (melalui Review jurnal Periode 2010-2021)

Putera, Bani Marhaban (2021) Efektivitas ekstrak kulit jeruk nipis dalam menghambat pertumbuhan bakteri streptococcus pyogenes (melalui Review jurnal Periode 2010-2021). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
1. Abstrak Bani MP.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Lampiran Plagiasi Persenan Bani.pdf

Download (145kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kebutuhan akan antibakteri sangat besar sebagai pengobatan penyakit- penyakit infeksi. Streptococcus pyogenes merupakan bakteri patogen penyebab penyakit infeksi. adanya kandungan Flavonoid dengan konsentrasi yang lebih tinggi pada bagian kulitnya, membuat kulit jeruk nipis memiliki daya antibakteri dan antioksidan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas ekstrak kulit jeruk nipis dalam menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus pyogenes Metode penelitian ini adalah studi pustaka atau studi literatur, Pencarian jurnal menggunakan portal Google Scholar, ProQuest , dan Mendeley dengan mengetikan kata kunci judul. Berdasarkan hasil review jurnal Periode 2010-2021 menyimpulkan bahwa ekstrak kulit jeruk nipis efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus pyogenes, terdapat gambaran aktivitas ekstrak kulit jeruk nipis dalam membentuk zona hambat terhadap pertumbuhan bakteri Streptococcus pyogenes dan penelitian Talenta O. (2019) merupakan penelitian yang paling efektif terhadap aktivitas daya hambat bakteri S. pyogenes dimana pada konsentrasi yang tergolong masih rendah (20%) saja, ekstrak etanol kulit jeruk nipis sudah dapat memiliki aktivitas daya hambat dalam kategori kuat yaitu rata rata sebesar 10,93 nm, terdapat faktor yang mendukung hasil penelitian ini menjadi efektif salah satunya yaitu metode yang baik, dan lain sebagainya. Kata Kunci : Ekstrak Kulit Jeruk Nipis, Bakteri, Streptococcus pyogenes

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Ekstrak Kulit Jeruk Nipis, Bakteri, Streptococcus pyogenes
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: 70 Bani Marhaban Putera UWKS
Date Deposited: 15 Oct 2021 05:47
Last Modified: 15 Oct 2021 05:47
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10418

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year