Faktor-faktor yang mempengaruhi auditor switching pada perusahaan manufaktor sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019

Angelia, Grace (2021) Faktor-faktor yang mempengaruhi auditor switching pada perusahaan manufaktor sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK_GRC[1].pdf

Download (2MB)
[img] Text
PRESENTASE TURNITIN GRACE.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Auditor switching ialah perpindahan kantor akuntan publik yang dilakukan oleh perusahaan klien. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan faktor pengaruh ukuran KAP, audit delay, kepemilikan publik, dan financial distress terhadap praktik auditor switching pada perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang industri barang dan konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2015 – 2019. Diperoleh sampel sebanyak 37 perusahaan. Melalui situs resmi Indonesia Stock Exchange atau BEI (www.idx.co.id) diambil sumber data yang berupa laporan keuangan tahunan perusahaan. Pengujian menggunakan analisis regresi logistik, Ukuran KAP diukur dengan menggunakan kategori Big Four atau Non Big Four, Audit Delay diukur dengan memperhitungkan durasi yang dibutuhkan auditor guna mendapat hasil laporan audit independen yang terhitung sejak laporan keuangan yang sudah tutup buku tahun hingga laporan auditan yang sudah ditanda tangani, Kepemilikan Publik diukur menggunakan rasio persentase kepemilikan publik dan Financial Distress diukur menggunakan Debt To Asset Ratio. Hasil Penelitian menunjukan bahwa variabel ukuran KAP berpengaruh negatif signifikan, variabel audit delay berpengaruh positif tidak signifikan, variabel kepemilikan publik berpengaruh positif tidak signifikan, dan variabel financial distress berpengaruh negatif tidak signifikan. Kata Kunci: ukuran kantor akuntan publik, audit delay, kepemilikan publik, financial distress, auditor switching.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: ukuran kantor akuntan publik, audit delay, kepemilikan publik, financial distress, auditor switching.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: 43 Grace Angelia UWKS
Date Deposited: 28 Sep 2021 08:05
Last Modified: 28 Sep 2021 08:05
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10302

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year