Pengaruh penerapan green accounting terhadap profitabilitas perusahaan (Studi empiris pada perusahaan yang mengikuti program penilaian peningkatan kinerja perusahaan (PROPER) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2015-2019)

Rosana, Mavira Pradifa (2021) Pengaruh penerapan green accounting terhadap profitabilitas perusahaan (Studi empiris pada perusahaan yang mengikuti program penilaian peningkatan kinerja perusahaan (PROPER) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2015-2019). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (797kB)
[img] Text
PRESENTASE TURNITIN.pdf

Download (31kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimanakah pengaruh penerapan green accounting yang diukur melalui 2 sub variabel independent yaitu pengungkapan lingkungan dan kinerja lingkungan terhadap profitabilitas perusahaan. Populasi penelitian adalah perusahaan yang mengikuti Program Penilaian Peningkatan Kinerja Perusahaan (PROPER) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu sehingga diperoleh 10 perusahaan dalam satu tahun. Sumber data adalah laporan annual report dan laporan keuangan perusahaan yang diambil melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program spss. Pengungkapan lingkungan diukur menggunakan scoring dari tabel indeks lingkungan Indonesia yang dikembangkan oleh Suhardjanto, Tower dan Brown (2007). Sedangkan kinerja lingkungan diukur menggunakan variabel dummy dan profitabilitas perusahaan diukur menggunakan return on assets (ROA). Hasil penelitian menunjukkan variabel pengungkapan lingkungan dan kinerja lingkungan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Kata kunci : green accounting, pengungkapan lingkungan, kinerja lingkungan dan profitabilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: green accounting, pengungkapan lingkungan, kinerja lingkungan dan profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: 43 Mavira Pradifa Rosana UWKS
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:09
Last Modified: 28 Sep 2021 06:09
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10284

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year