Uji aplikasi pupuk organik cair dengan berbagai macam bahan dan kosentrasi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah(Allium ascalonicum L.)

Permatasari, Dian Fitri (2021) Uji aplikasi pupuk organik cair dengan berbagai macam bahan dan kosentrasi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah(Allium ascalonicum L.). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
A. Abstrak.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Persentase Plagiasi Dian Fitri.pdf

Download (318kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Bawang merah (Allium ascalonicum L.) merupakan salah satu kebutuhan pokok, namun kebutuhan bawang merah tidak dapat dihindari oleh konsumen rumah tangga sebagai pelengkap bumbu masakan sehari-hari. Kegunaan lain dari bawang merah adalah sebagai obat tradisional yang manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian POC bahan baku dan konsentrasi POC terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.). Penelitian ini dilaksanakan di lahan percobaan milik Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Surabaya. Pada bulan Maret hingga Juni 2020. Dilakukan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dua faktor yang diulang sebanyak tiga kali,dengan perlakuan sebagai berikut : Faktor 1 adalah pemberian Pupuk Organik Cair (POC) yang terdiri dari 7 jenis yaitu : P1 (diberi POC berbagai campuran bahan yang ada) P2 (diberi POC berbahan baku limbah sayuran) P3 (diberi POC berbahan baku limbah buah) P4 (diberi POC berbahan baku limbah kecambah) P5 (diberi POC berbahan baku limbah makanan /catering) P6 (diberi POC berbahan baku limbah ikan lele /jerohan) P7 (diberi POC berbahan baku limbah potong hewan/darah) dan Faktor 2 yaitu konsentrasi pemberian POC yang terdiri dari 3 level yaitu : K1 (konsentrasi POC 4% = 40 ml/liter larutan konsentrasi) K2 (konsentrasi POC 8% = 80 ml/liter larutan konsemtrasi) K3 (konsentrasi POC 12% = 120 ml/liter larutan konsentrasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a)tidak terjadi interaksi antara pemberian Pupuk Organik Cair (P) dan konsentrasi (K) terhadap semua parameter pengamatan kecuali (jumlah daun umur V MST) b)Aplikasi POC dengan berbagai bahan baku tidak berpengaruh nyata pada semua parameter pengamatan tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) c)Perlakuan macam konsentrasi POC tidak mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.).

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: POC, Pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Agrotechnology Study Program
Depositing User: dian fitri permatasari
Date Deposited: 27 Sep 2021 05:39
Last Modified: 27 Sep 2021 05:39
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10267

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year