Efektivitas ekstrak rimpang kencur (Kaempferia galanga L.) terhadap proses penyembuhan luka biopsi pada tikus putih (Rattus norvegicus)

JUAN DINONG, PASKALIA DONAMENDEZ (2021) Efektivitas ekstrak rimpang kencur (Kaempferia galanga L.) terhadap proses penyembuhan luka biopsi pada tikus putih (Rattus norvegicus). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PLAGIASI HAL. 35.pdf

Download (13kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

EFEKTIVITAS EKSTRAK RIMPANG KENCUR (Kaempferia galanga L.) TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA BIOPSI PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) PASKALIA DONAMENDEZ JUAN DINONG ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak rimpang kencur (Kaempferia galanga L.) terhadap proses penyembuhan luka biopsi pada tikus putih (Rattus norvegicus). Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan populasi terdiri dari 25 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) jantan yang dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan yaitu K- (tanpa perlakuan), K+ (salep bioplacenton), P1 (krim ekstrak rimpang kencur 10%), P2 (krim ekstrak rimpang kencur 15%), dan P3 (krim ekstrak rimpang kencur 20%). Penelitian ini dilakukan selama 21 hari meliputi 7 hari adaptasi dan 14 hari perlakuan serta pengamatan. Hasil yang didapatkan menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kontrol dengan perlakuan. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, disimpulkan bahwa pemberian ekstrak kencur (Kaempferia galanga L.) tidak terdapat efektivitas terhadap proses penyembuhan luka biopsi pada tikus putih (Rattus norvegicus). Kata kunci: ekstrak rimpang kencur, kesembuhan, kulit, luka biopsi, tikus putih.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Keywords: biopsy wound, healing, rhizome kencur extract, skin, white rats
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: PASKALIA DONAMENDEZ JUAN DINONG
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:06
Last Modified: 22 Sep 2021 06:06
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year