pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa sdn asemrowo ii surabaya terhadap mata pelajaran ipa subtema suhu dan kalor

Sholikah, Mar'atus (2021) pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa sdn asemrowo ii surabaya terhadap mata pelajaran ipa subtema suhu dan kalor. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (965kB)
[img] Text
bukti cek plagiasi.pdf

Download (192kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Sholikah, Mar’atus. 2021. Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas V SDN Asemrowo II Surabaya pada mata pelajaran IPA subtema suhu dan kalor. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dosen Pembimbing: 1. Erlin Kartikasari, S.Pd., M.Pd., 2. Diyas Age Larasati, S.Pd., M.Pd., Hasil belajar siswa masih rendah, disebabkan guru yang monoton dalam memberikan pembelajaran dengan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model project based learning dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi IPA. Project based learning merupakan model pembelajaran yang berfokuskan siswa terhadap kerja proyek. siswa diminta untuk terlibat aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan metode sampel dari penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Asemrowo II Surabaya. Teknik dan instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes yang berupa pretest dan posstest. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap model project based learning mendapat kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari presentase pada pertemuan 1 pada kelas yang belum diberi perlakuan mendapatkan presentase sebesar 66,66%, pertemuan 2 setelah diberi perlakuan mendapatkan presentase sebesar 73,80% dari kedua pertemuan tersebut terdapat pengaruh model project based learning. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengaruh model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar dengan cara siswa dilibatkan ke dalam suatu kerja proyek dan kemampuan berfikir kritis siswa dimunculkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 5 pada materi IPA subtema suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning (PjBL), IPA, Subtema Suhu dan Kalor
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Mar'atus Sholikah Sholikah
Date Deposited: 20 Sep 2021 05:07
Last Modified: 20 Sep 2021 05:07
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10143

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year