Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Current Ratio, Dan Return On Equity Terhadap Return Yang Diterima Pemegang Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Periode 2018-2019)

Arifandy, Farhan (2021) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Current Ratio, Dan Return On Equity Terhadap Return Yang Diterima Pemegang Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Periode 2018-2019). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya Univercity.

[img] Text
ABSTRAC.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran Cek Plagiasi.pdf

Download (23kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Peran pasar modal di dalam perekonomian suatu negara merupakan bagian yang sangat penting, karena perusahaan banyak yang beralih untuk berinvestasi menggunakan pasar modal. Saham inilah yang dapat dimaksud dalam investasi pasar modal, sehingga calon investor dapat memaksimalkan keuangan, serta arus kas perusahaan menjadi lebih stabil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, leverage, current ratio, dan return on equity terhadap return yang diterima pemegang saham pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2018-2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan judgment sampling. Dari populasi sebanyak 30 perusahaan yang memenuhi kriteria. Sehingga diperoleh data sebanyak 60 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap return saham artinya semakin besar ukuran perusahaan maka semakin besar return perusahaan tersebut. (2) Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham artinya semakin besar tingkat leverage maka return yang diterima pemegang saham akan semakin kecil. (3) Current Ratio berpengaruh secara positif signifikan terhadap return saham barati artinya perusahaan dengan ukuran semakin besar, maka rasio tingkat pengembalian sahamnya pun juga akan semakin besar. (4) Return On Equity berpengaruh positif signifikan terhadap return saham artinya semakin tinggi rasio ini, semakin baik aktivitas operasi perusahaan. Kata kunci : ukuran perusahaan, leverage, current ratio, return on equity

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: ukuran perusahaan, leverage, current ratio, return on equity
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: Arifandy Farhan
Date Deposited: 16 Sep 2021 10:53
Last Modified: 16 Sep 2021 10:53
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10079

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year