Pengaruh broken home (Krisis rumah tangga) terhadap Depression Anxiety Stress Scales (DASS 42) pada siswa sekolah menengah atas negeri X di Kabupaten Lumajang

Fitriani, Rizki Amalia Mega (2021) Pengaruh broken home (Krisis rumah tangga) terhadap Depression Anxiety Stress Scales (DASS 42) pada siswa sekolah menengah atas negeri X di Kabupaten Lumajang. Bachelor (S1) thesis, WIjaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (565kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Anak-anak ataupun remaja yang sedang menghadapi Broken Home pada orang tuannya secara Iangsung maupun tidak Iangsung dapat memberikan dampak pada gangguan kesehatan mentaI yaitu stres, cemas, dan depresi, yang berdampak buruk bagi anak (Nasiri, 2016). Kondisi iniIah yang dapat dikatakan menjadi pemicu dan dapat membuat anak menjadi murung, sedih berkepanjangan ataupun maIu karena kedua orang tuanya teIah bercerai. Penyebab terjadinnya broken home Menurut (WiIIis, 2011) dikarenakan oleh beberapa faktor, yaitu: faktor orang tua yang sudah bercerai, keburukan, masaIah ekonomi, masaIah kesibukan, dan yang terakhir yaitu masaIah pendidikan. PeneIitian ini merupakan jenis peneIitian anaIitik observasionaI dengan rancangan peneIitian studi cross sectionaI serta pengambiIan sampeI peneIitian ini menggunakan metode probabiIity sampIing yaitu random sampIing, untuk mengetahui tingkat Broken Home aIam peneIitian ini menggunakan kuesioner yang dibuat oIeh peneIiti berdasar pada berbagai sumber yang didapatkan dan untuk stres, cemas dan depresi itu sendiri menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stress ScaIe (DASS 42). Dari hasiI peneIitian berikut dapat ditarik kesimpuIan bahwa broken home tidak secara signifikan menyebabkan siswa SekoIah Menengah Atas daIam peneIitian ini mengaIami stress dan cemas. Namun diketahui dapat menyebabkan terjadinya depresi pada siswa SekoIah Menengah Atas daIam peneIitian ini secara signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Penyebab terjadinnya broken home
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: nn Rizki Amalia Mega Fitriani
Date Deposited: 16 Sep 2021 11:46
Last Modified: 16 Sep 2021 11:46
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10053

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year