Silviawati, Ervin (2020) Pengaruh profitabilitas, kebijakan hutang, dan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2016 – 2018). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
ERVIN PERPUS 12430053.pdf Download (1MB) |
Abstract
This study aims to determine the effect of profitability (ROA), debt policy (DER), and Corporate Social Responsibility (CSR) on the value of companies in manufacturing companies on the Indonesia Stock Exchange period 2016-2018. This study uses three periods, namely from 2016-2018. Samples taken using the purposive sampling method. The population used in the study are all manufacturing companies that have and are still listed on the Indonesia Stock Exchange for the period of 2016-2018. From 182 manufacturing companies that became the population, 41 manufacturing companies were obtained as samples with observations over a three-year period (2016-2018). Data were analyzed using multiple linear regression. Based on the results of data analysis concluded that profitability (ROA) has a positive effect on firm value with a significance level of 0.007 <0.05. This shows that the higher the value of ROA will further strengthen the value of the company, so the first hypothesis is accepted. Corporate Social Responsibility (CSR) does not affect the value of the company with a significance of 0.366 or greater than 0.05. Because most companies are less concerned with social environmental factors and only focus on financial factors, so as evidenced by the disclosure made by the company is still far from the standards set. Keywords : Company value, profitability, debt policy, Corporate Social Responsibility (CSR) =========================================================== Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas (ROA), kebijakan hutang (DER), dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Penelitian ini menggunakan tiga periode yaitu mulai tahun 2016-2018. Sampel yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah semua perusahaan manufaktur yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Dari 182 perusahaan manufaktur yang menjadi populasi, diperoleh 41 perusahaan manufaktur sebagai sampel dengan pengamatan selama tiga tahun periode (2016-2018). Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menyimpulkan bahwa profitabilitas (ROA) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan nilai tingkat signifikansi 0,007 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai ROA maka akan semakin memperkuat nilai perusahaan, sehingga hipotesis pertama diterima. Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan signifikansi 0,366 atau lebih besar dari 0,05 ini menunjukan bahwa banyak tidaknya pengungkapan CSR yang dilakukan oleh perusahaan, tidak dapat mempengaruhi peningkatan terhadap nilai perusahaan. Karena sebagian besar perusahaan kurang peduli terhadap faktor lingkungan sosial dan hanya berfokus pada faktor keuangan saja, sehingga terbukti dengan pengungkapan yang dilakukan perusahaan masih jauh dari standar yang telah ditetapkan. Kata kunci : Nilai perusahaan, profitabilitas, kebijakan hutang, Corporate Social Responsibility (CSR)
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Nilai perusahaan, profitabilitas, kebijakan hutang, Corporate Social Responsibility (CSR) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program |
Depositing User: | Ervin Silviawati |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 07:36 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 07:36 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/5810 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year