Interaksi sosial guru dan siswa ABK dalam pendidikan inklusif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Surabaya

Pangestu, Jenne Pilih (2019) Interaksi sosial guru dan siswa ABK dalam pendidikan inklusif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, University Wijaya Kusuma Surabaya.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pendidikan suatu wadah dan proses terpenting dalam kehidupan bagi banyak orang untuk meraih mimpi dan tidak terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus. Tetapi tidak banyak anak berkebutuhan khusus yang mampu berinteraksi dengan guru. Banyak dari sebagian mereka yang merasa minder atau kurang percaya diri untuk mengekpresikan dan menunjukan jati diri mereka dikarenakan banyak dari masyarakat kita sendiri memandang sebelah mata para anak berkebutuhan khusus. Dengan adanya Pendidikan inklusi anak berkebutuhan khusus dapat bersekolah di sekolah umum meskipun hanya 5% kuota yang diterima dan dengan syarat ketentuan yang wajib dipenuhi. Rumusan masalah Interaksi sosial guru dan siswa ABK dalam pendidikan inklusi di SMPN 5 Surabaya dan dampak dari interaksi guru dan siswa ABK dari pendidikan inklusi yang diterapkan di SMPN 5 Surabaya. Mendeskripsikan interaksi guru dan siswa ABK dalam pendidikan inklusi di SMPN 5 Surabaya serta dampak yang ditimbulkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, penentuan informan menggunakan purposive sampling sehingga diambil 4 infoman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi guru dan siswa dalam pendidikan inklusi dengan berbagai cara memberikan motivasi terhadap siswa, menciptakan rasa nyaman, memberi sugesti, penggabungan kelas antara pendidikan inklusi dan reguler dengan upaya penggabungan kelas ini mereka para anak berkebutuhan khusus tidak merasa dikucilkan atau dipandang sebelah mata. Dampak yang ditimbulkan dari yang minder dan enggan bergaul dengan siswa-siswa dari kelas reguler akhirnya mau beinteraksi dan bergaul dengan siswa dari kelas reguler. Kondisi ini tentu akan menghasilkan rasa percaya diri pada siswa ABK sehingga mereka lebih siap untuk menghadapi kehidupan di masa yang akan datang. Selain dampak positif yang ditimbulkan ternyata masih ada juga beberapa dampak negatif yang masih menjadi PR untuk para guru yakni berkelahi, kurang komunikatif (bukan tunawicara melainkan kurangnya kosa kata dalam pengucapan kata), dan menjadi korban bully Pendidikan Inklusi, Interaksi Sosial, Disabilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusi, Interaksi Sosial, Disabilitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences
Depositing User: Jenne Pilih Pangestu
Date Deposited: 19 Sep 2019 07:19
Last Modified: 19 Sep 2019 07:19
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/5000

Actions (login required)

View Item View Item