Keefektivan penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDK Santo Mikael Perak Surabaya

Knaofmone, Kristiana (2019) Keefektivan penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDK Santo Mikael Perak Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (669kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Knaofmone, Kristiana. 2019. Keefektivan Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas IV SDK Santo Mikael Perak Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa Dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Fransisca Dwi Harjanti, M.Pd dan (II) Erlin Kartikasari, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Keefektivan, Metode Mind Mapping, Karangan Deskripsi. Keterampilan menulis karangan deskripsi merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penguasaan keterampilan menulis tidak diperoleh secara spontan tetapi membutuhkan latihan intensif dan tahapan-tahapan pembelajaran yang membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar. Pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dapat membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran, dalam hal ini keterampilan menulis karangan deskripsi. Salah satunya dengan penerapan metode pembelajaran yang efektif serta bimbingan guru dalam proses pembelajaran agar dapat membantu siswa dalam menulis karangan deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan keefektivan metode mind mapping pada pembelajaran karangan deskripsi siswa kelas IV SDK Santo Mikael Perak Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keefektivan pembelajaran meliputi empat aspek yaitu ketuntasan hasil belajar, aktivitas guru, aktivitas siswa, dan respon siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, dan angket untuk respon siswa. Hasil penelitian ini (1) Ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDK Santo Mikael Perak Surabaya dikatakan tuntas dengan persentasi sebesar 83,33% (2) persentasi aktivitas guru termasuk dalam kategori baik sekali dengan nilai persentasi 92% (3) persentasi aktivitas siswa kelas IV SDK Santo Mikael Perak Surabaya termasuk dalam kategori sangat aktif dengan persentasi sebesar 89% (4) Respon siswa kelas IV SDK Santo Mikael Perak Surabaya positif dengan persentasi sebesar 100% memberikan dukungan sangat kuat. Sehingga penerapan metode mind mapping pada pembelajaran karangan deskripsi kelas IV SDK Santo Mikael Perak Surabaya berlangsung secara efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Keefektivan, Metode Mind Mapping, Karangan Deskripsi.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Kristiana Knaofmone
Date Deposited: 12 Sep 2019 01:31
Last Modified: 12 Sep 2019 01:31
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4613

Actions (login required)

View Item View Item