Meningkatkan hasil belajar penggolongan hewan melalui media pop up siswa kelas IV SDN Gunungsari 3 Surabaya

Ikhwan F, Ahmad (2019) Meningkatkan hasil belajar penggolongan hewan melalui media pop up siswa kelas IV SDN Gunungsari 3 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, WIJAYA KUSUMA SURABAYA UNIVERSITY.

[img] Text
AHMAD IKHWAN FATHUROZI.pdf

Download (411kB)
Official URL: http://www.uwks.ac.id

Abstract

Ahmad ikhwan f.2018. “Meningkatkan Hasil Belajar Penggolongan Hewan Melaui Media Pop Up Siswa Kelas IV SDN Gunung Sari 3 Surabaya”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FBS UWKS, Pembimbing I: Drs Sunaryo, M.Kes. ; Pembimbing II : Jarmani S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa IPA siswa kelas IV SDN Gunung Sari 3 Surabaya melalui penerapan media Pop Up . Media Pop Up diterapkan guru ketika guru ingin mengetahui kemampuan atau daya ingat siswa dalam materi penggolongan hewan dengan batasan waktu yang sedikit Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gunung Sari 3 Surabayayang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk penelitian ini untuk pengumpulan data adalah tes tertulis. Instrumen penelitian menggunakan tes tulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar IPA dengan menggunakan media Pop Up siswa kelas IV SDN Gunung Sari 3 Surabaya mengalami peningkatan pada materi penggolongan hewan. Hal tersebut terlihat pada siklus 1 rata-rata nilai siswa masih 68,07% pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 79,63. Peningkatan tersebut disebabkan antusias siswa dalam proses pembelajaran,menjelaskan materi dengan media yang lebih menarik dan terperinci. Sehingga siswa dapat menjawab dan menjawab pertanyaan materi yang diberikan oleh guru dengan benar. Kata kunci : Hasil Belajar, Media Pop Up, Penggolongan Hewan

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Pop Up, Penggolongan Hewan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Ahmad Ikhwan Fathurozi
Date Deposited: 10 Sep 2019 07:25
Last Modified: 10 Sep 2019 07:25
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4557

Actions (login required)

View Item View Item