Saraswati, Lusinta (2019) Integrasi pembelajaran 4C dalam model blended learning pada materi perbandingan trigonometri kelas X SMK Kawung 2 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
15630001 Lusinta Saraswati.pdf Download (973kB) |
Abstract
Saraswati, Lusinta. 2019. Integrasi Pembelajaran 4C dalam Model Blended Learning pada Materi Perbandingan Trigonometri Kelas X SMK Kawung 2 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: (I) Herfa Maulina DS, S.Si, M.Pd (II) Meilantifa, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Integrasi, Pembelajaran 4C, Model Blended Learning Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberi pengaruh dalam proses pembelajaran salah satunya dalam pembelajaran matematika. Model blended learning merupakan salah satu pembelajaran yang menggunakan tekonologi informasi dan komunikasi dalam prosesnya. Salah satu media pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yakni dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Pembelajaran 4C yang diintegrasikan dalam model blended learning diharapkan dapat menjadi salah satu pembelajaran yang efektif dalam membantu siswa mengembangkan kemampuannya tanpa terbatas waktu dan ruang sehingga siswa dapat belajar matematika kapan pun dan dimana saja. Fokus penelitian ini adalah bagaimana integrasi pembelajaran kemampuan berkomunikasi, kemampuan berkolaborasi, kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kemampuan kreatifitas dan inovasi dalam model blended learning pada materi perbandingan trigonometri kelas X SMK Kawung 2 Surabaya?. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi pembelajaran kemampuan berkomunikasi, kemampuan berkolaborasi, kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kemampuan kreatifitas dan inovasi dalam model blended learning pada materi perbandingan trigonometri kelas X SMK Kawung 2 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X OTP 1 SMK Kawung 2 Surabaya yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Data hasil observasi dianalisis dengan skor akhir yang dikelompokkan berdasarkan kriteria dan dihitung presentase tiap kriteria. Data hasil tes dianalisis berdasarkan kemampuan kognitif dan presentase ketuntasan hasil belajar. Sedangkan hasil wawancara dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrasi, Pembelajaran 4C, Model Blended Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Lusinta Saraswati |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 07:05 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 07:05 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4470 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year