Penerapan metode balanced scorecard pada kinerja perusahaan (studi kasus pada PT. Surabaya sore)

Rohmatul Izzah, Izzah, Rohmatul (2019) Penerapan metode balanced scorecard pada kinerja perusahaan (studi kasus pada PT. Surabaya sore). Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (515kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengukuran kinerja perusahaan dengan metode Balanced Scorecard dengan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, pelanggan, bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kinerja perusahaan dengan balanced scorecard. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus disalah satu perusahaan yaitu PT. Surabaya Sore (Harian Surabaya Pagi) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Data yang digunakan yaitu dari tahun 2016-2017. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa kualitatif dan kuantitatif.Pengukuran kuesioner menggunakan teori slovin untuk menentukan jumlah responden dan diukur menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini berdasarkan perspektif keuangan yang diukur dengan current ratio, DER, dan gross profit margin, dimana DER mengalami penurunan sedangkan untuk current ratiodan pada gross profit margin mengalami peningakatan. Dari perspektif pelanggan diukur dengan retensi pelanggan, akuisisi pelanggan serta kepuasan pelanggan, dimana perusahaan belum mampu mempertahankan pelanggan lama tetapi perusahaan mampu dalam mendapatkan pelanggan baru, sedangkan tingkat kepuasan pelanggan yang diukur dengan menggunakan kuesioner dan berdasarkan perhitungan skala likert menghasilkan kepuasan pelanggan dengan kategori puas. Dari perspektif bisnis internal, perusahaan banyak melakukan inovasi-inovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.Sedangkan dalam perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang diukur dengan retensi karyawan mengalami penurunan yang berarti perusahaan mampu mempertahankan karyawan, sedangkan produktivitas karyawan mengalami peningkatan. Kata kunci : pengukuran kinerja, balanced scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pengukuran kinerja, balanced scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: Rohmatul Izzah
Date Deposited: 14 Mar 2019 09:29
Last Modified: 14 Mar 2019 09:29
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/3648

Actions (login required)

View Item View Item