Pengaruh produk, harga, tempat, dan promosi terhadap kepuasan konsumen rambak ceker ayam "99" UD. snack krezz

Harfin, Faizal Putra (2018) Pengaruh produk, harga, tempat, dan promosi terhadap kepuasan konsumen rambak ceker ayam "99" UD. snack krezz. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
File skripsi.pdf

Download (736kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Rambak ceker ayam merupakan makanan ringan yang berasal dari ceker ayam atau kaki ayam. Makanan tersebut terbuat dari ceker ayam yang dipisahkan dari tulangnya dan digoreng hingga kering serta ditambahkan bumbu rempah-rempah agar rasa dari rambak ceker ayam menjadi enak. Rambak ceker ayam mempunyai cita rasa yang asin dan tekstur yang renyah, sehingga cocok digunakan sebagai pelengkap pada saat memakan makanan lain, seperti : bakso, lontong balap, mie ayam , dan makanan lainnya. Rambak ceker ayam dalam penelitian ini mengambil produk rambak ceker ayam dari UD. Snack Krezz yang berlokasi di daerah Surabaya Barat. Merk dari produk tersebut adalah rambak ceker ayam “99”. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung terhadap konsumen rambak ceker ayam. Untuk mengukur pengaruh produk, harga, tempat, dan promosi terhadap kepuasan konsumen rambak ceker ayam “99”, peneliti menyebarkan kuisioner kepada para responden yaitu konsumen rambak ceker ayam. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode pengambilan purposive sampling, Yaitu pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Variabel dari penelitian ini meliputi : Produk, Harga, Tempat, dan Promosi . Hasil uji validitas 100 responden dengan menggunakan program SPSS 17.0 diperoleh nilai validitas 100 responden berkisar 0,616 sampai 0,760 sehingga setiap item pernyatan kuesioner dinyatakan valid. Uji reliabilitas dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat konsistensi dari setiap pernyataan kuesioner. Uji reliabilitas 100 responden menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Hasil perhitungan uji reliabilitas diperoleh nilai reliabilitas 100 responden X1(0,786), X2 (0,779), X3 (0,761), X4 (0,749), Y (0,751) menunjukkan bahwa kuesioner bersifat konsisten sehingga dapat digunakan sebagai alat dalam penelitian. Hasil pengujian asumsi klasik didapati adanya normalitas pada penelitian ini ,dikarenakan data membentuk garis horisontal dan saling berdekatan satu sama lain. Dalam uji multikolonieritas dalam penelitian ini tidak terjadi adanya multikolonieritas, dikarenakan semua variabel mempunyai nilai VIF dibawah 10.. Hasil pengolahan data dengan menggunakan SPSS 17.0 diperoleh nilai-nilai koefesien regresi sebagai berikut: Y = 2,731 + 0,200X1 + 0,178X2 +0,428X3 + 0,039X4 + e. Persamaan ini berarti bahwa semua variabel produk, harga, tempat, dan promosi (variabel independen) menunjukkan arah positif terhadap kepuasan konsumen (variabel dependen). Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 37,8 %, yang memiliki arti bahwa kepuasan konsumen terhadap rambak ceker ayam “99” dipengaruhi oleh variabel-variabel yang ada dalam model sebesar 37,8 % sedangkan sisanya 62,2 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model. Dari hasil pengujian diketahui bahwa variabel yang memiliki hubungan signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu tempat, karena memiliki nilai t hitung lebih besar dari t tabel atau tingkat signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Pengujian hipotesis secara keseluruhan menggunakan uji F, yang bertujuan untuk menguji seberapa bermaknanya hubungan (produk, harga, tempat, dan promosi) terhadap kepuasan konsumen secara keseluruhan. Dari hasil pengujian diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 14,416 lebih besar dari F tabel yaitu 2,470 dan nilai tingkat signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa (produk, harga, tempat, dan promosi) secara simultan memiliki hubungan terhadap kepuasan konsumen. Kata Kunci : Rambak ceker ayam “99” , kepuasan konsumen , 4P

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: rambak ceker ayam "99", Kepuasan konsumen, 4p
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: Faizal Harfin Putra
Date Deposited: 21 Sep 2018 09:40
Last Modified: 21 Sep 2018 09:40
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2675

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year