KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS (PSYCHOLOGICAL WELL-BEING) DAN LOYALITAS KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN PERFORMA BANK: PERSPEKTIF PSIKOLOGI AKUNTANSI DAN SDM

PRASETIO, DEMAS AGUNG PRASETIO (2025) KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS (PSYCHOLOGICAL WELL-BEING) DAN LOYALITAS KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN PERFORMA BANK: PERSPEKTIF PSIKOLOGI AKUNTANSI DAN SDM. Masters (S2) thesis, WIJAYA KUSUMA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
dafrar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TURNITIN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
TURNITIN FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman karyawan bank dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis dan loyalitas mereka, serta bagaimana hal tersebut mempengaruhi performa bank. Dengan menggunakan metode kualitatif multiple case study , penelitian ini melakukan wawancara mendalam dengan 12 karyawan bank BUMN di Indonesia untuk memahami perspektif mereka tentang kesejahteraan psikologis dan loyalitas. Data dianalisis menggunakan teknik analisis cross-sectional analisis, yaitu analisis yang dilakukan pada satu titik waktu tertentu terhadap berbagai informan yang berada dalam kondisi organisasi yang sama. Tujuannya adalah untuk membandingkan dan mengidentifikasi pola-pola yang konsisten maupun variatif terkait persepsi kesejahteraan psikologis dan loyalitas karyawan, serta hubungannya dengan performa bank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan bank memiliki pengalaman yang beragam dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis dan loyalitas mereka. Hal itu dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti lingkungan kerja yang mendukung, keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi, serta kesempatan pengembangan karir. Loyalitas karyawan juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti penghargaan yang adil, komunikasi yang efektif, dan kesempatan untuk berkontribusi pada organisasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa kesejahteraan psikologis dan loyalitas karyawan memiliki pengaruh positif terhadap performa bank. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur psikologi akuntansi dan SDM dengan menunjukkan pentingnya memahami pengalaman karyawan dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis dan loyalitas mereka. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi bank, utamanya pimpinan bank untuk mengembangkan strategi yang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis dan loyalitas karyawan, sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawan serta performa bank secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economic and Business > Master In Accounting Study Program
Depositing User: 44 DEMAS UWKS
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:34
Last Modified: 22 Oct 2025 03:34
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year