Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Baamboozle Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V SDN Tembok Dukuh IV Surabaya

Aulia, Salwa Rizky Aulia (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Baamboozle Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V SDN Tembok Dukuh IV Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
presantase turnitin .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
cek turnitin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL SALWA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
ABSTRAK_.pdf

Download (649kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS serta belum diterapkannya media pembelajaran berbasis teknologi di kelas V-B SDN Tembok Dukuh IV Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis game-based learning baamboozle, mengetahui kevalidan dan keefektifan media tersebut bagi siswa kelas V-B SDN Tembok Dukuh IV Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research & Development) dengan model ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi oleh ahli media menunjukkan hasil sebesar 98%, validasi oleh ahli materi sebesar 94% sementara hasil angket respon siswa mencapai 89,75%. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan sebesar 44,3% pada pemahaman berdasarkan analisis data pre-test dan post test, yang dibuktikan melalui analisis data. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game-based learning baamboozle valid dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Salwa Rizky Aulia
Date Deposited: 30 Sep 2025 02:53
Last Modified: 30 Sep 2025 02:53
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21366

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year