PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI MENULIS BERBASIS GENRE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 5 SDN PAKIS V SURABAYA

Tomasoa, Yosepin Betssy (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI MENULIS BERBASIS GENRE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 5 SDN PAKIS V SURABAYA. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
COVER.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Artikel Yosepin Betssy Tomasoa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
PERSENTASE SKRIPSI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
YOSEPIN_BETSSY_TOMASOA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Betssy, 2025, Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Menulis Berbasis Genre Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 SDN Pakis V Surabaya, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Hery Setiyawan, M.Pd. dan Yudha Popiyanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran multiliterasi berbasis genre dalam meningkatkan keterampilan menulis murid kelas 5 mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Pakis V Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengampilan sampel stratified sampling berdasarkan kategori keterampilan menulis murid (tinggi, sedang, rendah). Data yang dikumpulkan meliputi pengelolaan pembelajaran guru, aktivitas murid, hasil belajar murid, dan respon murid terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran guru memperoleh skor rata-rata 3,7 (kategori sangat baik), mencerminkan kompetensi guru dalam mengelola kelas. Aktivitas murid selama proses pembelajaran mendapatkan skor rata-rata 2,9 (kategori baik), menunjukkan keterlibatan murid dalam mengikuti tahapan proses pembelajaran. Hasil belajar murid berdasarkan tes evaluasi menunjukkan tingkat ketuntasan belajar murid mencapai 76%, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dikatakan berhasil secara klasikal. Sementara itu, respon murid mendapatkan skor persentase 82%, maka respon murid terhadap pembelajaran tergolong dalam kategori sangat positif

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Multiliterasi, Keterampilan Menulis, Pengelolaan Pembelajaran Guru, Aktivitas Murid, Hasil Belajar, Respon Murid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Indonesian Language Education Study Program
Depositing User: 65 Yosepin Betssy Tomasoa
Date Deposited: 13 Oct 2025 03:04
Last Modified: 13 Oct 2025 03:04
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21356

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year