Tomasoa, Yosepin Betssy (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI MENULIS BERBASIS GENRE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 5 SDN PAKIS V SURABAYA. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (593kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Artikel Yosepin Betssy Tomasoa.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
![]() |
Text
PERSENTASE SKRIPSI.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
YOSEPIN_BETSSY_TOMASOA_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Betssy, 2025, Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Menulis Berbasis Genre Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 SDN Pakis V Surabaya, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Hery Setiyawan, M.Pd. dan Yudha Popiyanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran multiliterasi berbasis genre dalam meningkatkan keterampilan menulis murid kelas 5 mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Pakis V Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengampilan sampel stratified sampling berdasarkan kategori keterampilan menulis murid (tinggi, sedang, rendah). Data yang dikumpulkan meliputi pengelolaan pembelajaran guru, aktivitas murid, hasil belajar murid, dan respon murid terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran guru memperoleh skor rata-rata 3,7 (kategori sangat baik), mencerminkan kompetensi guru dalam mengelola kelas. Aktivitas murid selama proses pembelajaran mendapatkan skor rata-rata 2,9 (kategori baik), menunjukkan keterlibatan murid dalam mengikuti tahapan proses pembelajaran. Hasil belajar murid berdasarkan tes evaluasi menunjukkan tingkat ketuntasan belajar murid mencapai 76%, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dikatakan berhasil secara klasikal. Sementara itu, respon murid mendapatkan skor persentase 82%, maka respon murid terhadap pembelajaran tergolong dalam kategori sangat positif
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Multiliterasi, Keterampilan Menulis, Pengelolaan Pembelajaran Guru, Aktivitas Murid, Hasil Belajar, Respon Murid |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Indonesian Language Education Study Program |
Depositing User: | 65 Yosepin Betssy Tomasoa |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 03:04 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 03:04 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year