Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas II SDN Gading Watu Gresik

Ghiffari, Maudia Hanum (2018) Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas II SDN Gading Watu Gresik. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (616kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Maudia Hanum Ghiffari. 2018. Penggunaan Media Diorama untuk Meningkataka Hasil Belajar Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas II SDN Gadingwatu Gresik.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Kata Kunci: Media Diorama, Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Pembelajaran bahasa Indonesia mencakup empat aspek yaitu: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah kurangnya minat siswa dalam pembelajaran menulis yang berakibat rendahnya hasil belajar siswa. seperti yang terjadi di SDN Gadingwatu yang mengalami kesulitan dalam menulis karangan deskripsi. Media diorama merupakan salah satu cara yang dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media diorama pada siswa kelas II di SDN Gadingwatu Gresik. Metode dalam penelitian menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu Perencanaan, pelaksanaan,Observasi, dan Refleksi. Data diperoleh dari instrument penelitian yang berupa lembar tes dan lembar observasi. Data dianalisa dengan mengacu pada rubrik dan perhitungan statistik sederhana untuk menghitung hasil tes dan observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumalah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media diorama dapat meningkatkan tes keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus 1 53,84% kategori baik, menjadi 100% pada siklus 2 kategori sangat baik. Sedangkan prosentase aktivitas siswa mendapat 67,85% kategori baik tapi perlu adanya perbaikan, peningkatan pada siklus 2 menjadi 82,14% kategori sangat baik. Prosentase aktivitas guru siklus 1 mendapat 81,25% kategori sangat baik dan meningkat prosentasenya pada siklus 2 menjadi 90,62% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Maudia Hanum Ghiffari
Date Deposited: 17 Sep 2018 03:29
Last Modified: 17 Sep 2018 03:29
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item View Item