Pengaruh Sikap Dan Lingkungan Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Peserta Didik Fase F.11 SMA Hang Tuah 1 Surabaya

Nathallia, Adhecristhiani (2025) Pengaruh Sikap Dan Lingkungan Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Peserta Didik Fase F.11 SMA Hang Tuah 1 Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
TURNITIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
TURNITIN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
ABSTRAK (3).pdf

Download (1MB)

Abstract

Nathallia, Adhecristhiani. 2025. Pengaruh Sikap dan Lingkungan Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Peserta Didik Fase F.11 SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Fatkul Anam, M.Si. dan (II) Dr. Endrayana Putut, L.E, M.Si. Kata Kunci : Sikap, Lingkungan Belajar, Kemampuan Berpikir Matematis Matematika memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir matematis peserta didik. Namun, dari hasil observasi di SMA Hang Tuah 1 Surabaya menunjukkan bahwa kemampuan berpikir matematis peserta didik Fase F.11 masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir matematis dipengaruhi oleh sikap negatifpeserta didik terhadap pelajaran matematika serta lingkungan belajar yang kurang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh sikap terhadap kemampuan berpikir matematis, (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap kemampuan berpikir matematis, serta (3) pengaruh sikap dan lingkungan belajar terhadap kemampuan berpikir matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik Fase F.11 berjumlah 245 dan sampel yang digunakan adalah Fase F11.3 sebanyak 33 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner untuk mengukur sikap dan lingkungan belajar serta tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir matematis. Analisis data dilakukan menggunkan IBM SPSS versi 26 dengan uji normalitas, uji homogenitas, analisis regresi linier berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh antara sikap terhadap kemampuan berpikir matematis dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 dan tnitung sebesar 9,814 (2) terdapat pengaruh antara lingkungan belajar terhadap kemampuan berpikir matematis dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 dan nitung sebesar 5,598 serta (3) terdapat pengaruh antara sikap dan lingkungan belajar terhadap kemampuan berpikir matematis peserta didik dengan nilai signifikan sebesar 0,001 <0,05 dan Fritung sebesar 100,779 Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa sikap dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan berpikir matematis peserta didik dengan nilai koefisien determinasi sebesar 87% sementara sisanya 13% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: S.Pd. Adhecristhiani Nathallia
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:33
Last Modified: 02 Oct 2025 06:33
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21148

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year