Nathallia, Adhecristhiani (2025) Pengaruh Sikap Dan Lingkungan Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Peserta Didik Fase F.11 SMA Hang Tuah 1 Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
TURNITIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
![]() |
Text
TURNITIN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (3).pdf Download (1MB) |
Abstract
Nathallia, Adhecristhiani. 2025. Pengaruh Sikap dan Lingkungan Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Peserta Didik Fase F.11 SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Fatkul Anam, M.Si. dan (II) Dr. Endrayana Putut, L.E, M.Si. Kata Kunci : Sikap, Lingkungan Belajar, Kemampuan Berpikir Matematis Matematika memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir matematis peserta didik. Namun, dari hasil observasi di SMA Hang Tuah 1 Surabaya menunjukkan bahwa kemampuan berpikir matematis peserta didik Fase F.11 masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir matematis dipengaruhi oleh sikap negatifpeserta didik terhadap pelajaran matematika serta lingkungan belajar yang kurang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh sikap terhadap kemampuan berpikir matematis, (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap kemampuan berpikir matematis, serta (3) pengaruh sikap dan lingkungan belajar terhadap kemampuan berpikir matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik Fase F.11 berjumlah 245 dan sampel yang digunakan adalah Fase F11.3 sebanyak 33 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner untuk mengukur sikap dan lingkungan belajar serta tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir matematis. Analisis data dilakukan menggunkan IBM SPSS versi 26 dengan uji normalitas, uji homogenitas, analisis regresi linier berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh antara sikap terhadap kemampuan berpikir matematis dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 dan tnitung sebesar 9,814 (2) terdapat pengaruh antara lingkungan belajar terhadap kemampuan berpikir matematis dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 dan nitung sebesar 5,598 serta (3) terdapat pengaruh antara sikap dan lingkungan belajar terhadap kemampuan berpikir matematis peserta didik dengan nilai signifikan sebesar 0,001 <0,05 dan Fritung sebesar 100,779 Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa sikap dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan berpikir matematis peserta didik dengan nilai koefisien determinasi sebesar 87% sementara sisanya 13% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | S.Pd. Adhecristhiani Nathallia |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:33 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 06:33 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year