Implementasi Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia Berbasis Mobile Untuk Siswa Sekolah Dasar

Zeriansyah, Putra Irawan (2025) Implementasi Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia Berbasis Mobile Untuk Siswa Sekolah Dasar. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (780kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
Turnitin Hasil Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
Turnitin Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB) | Request a copy
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Pendidikan sejarah memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan nasionalisme generasi muda. Namun, rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran sejarah, khususnya sejarah kemerdekaan Indonesia, masih menjadi permasalahan yang perlu diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran alternatif berupa game edukasi berbasis mobile yang menyajikan materi sejarah kemerdekaan secara interaktif dan menarik. Game dikembangkan dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Game ini dilengkapi dengan fitur utama seperti puzzle gambar, kuis pilihan ganda, serta permainan melengkapi kata berdasarkan suara, dan menampilkan sistem skor berbasis bintang sebagai bentuk evaluasi. Hasil implementasi menunjukkan bahwa game ini dapat meningkatkan keterlibatan dan minat belajar siswa SD terhadap sejarah. Berdasarkan pengujian dan respon pengguna, game ini dinilai mudah digunakan, menarik, dan mampu menyampaikan materi sejarah dengan cara yang menyenangkan. Dengan demikian, game ini layak dijadikan media pembelajaran alternatif di lingkungan pendidikan.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, sejarah kemerdekaan Indoensia, game mobile, siswa SD
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer Science or Informatics Study Program
Depositing User: Zeriansyah Putra Irawan
Date Deposited: 09 Oct 2025 03:31
Last Modified: 09 Oct 2025 03:31
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21107

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year