Pengaruh kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar sumatif matematika Fase F.12 SMA Hang Tuah 1 Surabaya

Ulfiyanti, Nadia (2025) Pengaruh kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar sumatif matematika Fase F.12 SMA Hang Tuah 1 Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Chek plagiasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
Chek plagiasi-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img] Text
Artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Ulfiyanti, Nadia 2025. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Sumatif Matematika Fase F.12 SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: (I) Suhartono, S. Pd., M.Pd dan (II) Dr. Endrayana Putut L.E., S.Si., M.Si Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Sumatif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar sumatif matematika Fase F.12-1 di SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kausal-komparatif, yang juga dikenal sebagai ex post facto research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Fase F.12 yang berjumlah 314 siswa, dengan sampel sebanyak 36 siswa yang dipilih menggunakan Teknik simple random sampling. instrumen yang digunakan terdiri dari kuesioner kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar serta dokumentasi nilai hasil belajar sumatif semester gasal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji ANOVA dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa data dari ketiga variabel berdistribusi normal dan homogen. Uji ANOVA menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar siswa memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sumatif matematika dengan Fhitung (7.805) > Ftabel (3,28) Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar sumatif matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar memiliki pengaruh hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kebiasaan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: S.Pd Nadia Ulfiyanti
Date Deposited: 15 Oct 2025 01:23
Last Modified: 15 Oct 2025 01:23
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21093

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year