Rozikin, M. Khoirul (2025) Pengaruh penggunaan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Materi Peranku di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat mata Pelajaran IPAS Kelas 4 SDN Pakis V Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB II SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf Download (540kB) |
![]() |
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
CEK PLAGIASI 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) | Request a copy |
![]() |
Text
CEK PLAGIASI 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
Abstract
Rozikin, M. Khoirul, 2025, Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peranku di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat Mata Pelajaran IPAS Kelas 4 SDN Pakis V Surabaya , Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing (I) Reza Syehma Bahtiar, S.Pd.,M.Pd. dan Pembimbing (II) Dr. Savitri Suryandari, S.Psi.,M.Psi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran berbantuan aplikasi Canva terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Pakis V Surabaya pada mata pelajaran IPAS. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan capaian belajar akibat metode ceramah yang kurang interaktif. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest pada dua kelompok: eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan, dengan nilai rata-rata posttest sebesar 80,50 dibandingkan 54,33 pada kelas kontrol. Uji-t menghasilkan signifikansi 0,000 (< 0,05), menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik. Selain itu, data memenuhi syarat uji parametrik (normal dan homogen). Observasi dan wawancara menunjukkan bahwa siswa lebih aktif, tertarik, dan memahami materi dengan lebih baik melalui video Canva. Kesimpulannya, video pembelajaran berbasis Canva efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Media ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran berbasis teknologi, khususnya pada materi yang bersifat konseptual
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar, Eksperimen |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | M. Khoirul Rozikin |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:48 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 03:48 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year