Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis canva materi kenampakan alam dan buatan siswa kelas 3 SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya

Putri, Ellena Aurellia (2025) Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis canva materi kenampakan alam dan buatan siswa kelas 3 SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (760kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf

Download (563kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Kata kunci: Media Pembelajaran, Kenampakan Alam dan Buatan, Video Animasi, Canva. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa dan kesulitan siswa memahami materi kenampakan alam dan buatan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis Canva, mengetahui kevalidan, dan keefektifan media tersebut bagi siswa kelas III SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan hasil sebesar 97,5%, sementara hasil angket respon siswa mencapai 91,1%. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan signifikan sebesar 15,8% pada pemahaman berdasarkan analisis data pretest dan post-test, yang dibuktikan melalui uji statistik menggunakan teknik korelasi sederhana. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan pemahaman sebesar 15,8% berdasarkan analisis hasil pretest dan post-test, serta adanya hubungan signifikan berdasarkan uji statistik menggunakan teknik korelasi sederhana. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis Canva valid dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Pembelajaran, Kenampakan Alam dan Buatan, Video Animasi, Canva.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: 65 ELLENA AURELLIA PUTRI
Date Deposited: 18 Sep 2025 04:17
Last Modified: 18 Sep 2025 04:17
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21023

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year