Putri, Ellena Aurellia (2025) Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis canva materi kenampakan alam dan buatan siswa kelas 3 SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (760kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
Abstract
Kata kunci: Media Pembelajaran, Kenampakan Alam dan Buatan, Video Animasi, Canva. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa dan kesulitan siswa memahami materi kenampakan alam dan buatan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis Canva, mengetahui kevalidan, dan keefektifan media tersebut bagi siswa kelas III SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan hasil sebesar 97,5%, sementara hasil angket respon siswa mencapai 91,1%. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan signifikan sebesar 15,8% pada pemahaman berdasarkan analisis data pretest dan post-test, yang dibuktikan melalui uji statistik menggunakan teknik korelasi sederhana. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan pemahaman sebesar 15,8% berdasarkan analisis hasil pretest dan post-test, serta adanya hubungan signifikan berdasarkan uji statistik menggunakan teknik korelasi sederhana. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis Canva valid dan efektif untuk digunakan.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Media Pembelajaran, Kenampakan Alam dan Buatan, Video Animasi, Canva. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | 65 ELLENA AURELLIA PUTRI |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 04:17 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 04:17 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21023 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year