Fa'izah, Wardah Putri (2025) penerapan metode role playing pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sd islam al – mizan surabaya dalam materi penerapan nilai-nilai pancasila di lingkungan keluarga. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Role Playing, Kemampuan Berpikir Kritis. Tujuan: Jenis pembelajaran pengalaman yang efektif adalah role playing, anak-anak memainkan peran dalam menampilkan masalah sosial atau psikologis untuk memahami dan mengembangkan keterampilan dalam menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami penerapan metode role playing pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Islam Al – Mizan Surabaya dalam materi Penerapan Nilai-nilai Pancasila di Lingkungan Keluarga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian Kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif serta analisis. Penelitian deskriptif bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan mendalam tentang penerapan metode role playing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam penerapan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga. Teknik pengumpulan data berupa tes, lembar observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah presentase 81,25% berhasil mencapai kategori sangat baik sebanyak 13 siswa, 12,5% berhasil mencapai kategori baik sebanyak 2 siswa, dan 6,25% berhasil mencapai cukup baik sebanyak 1 siswa. Meskipun terdapat beberapa kesulitan dalam proses pembelajaran, 16 siswa tersebut masih termasuk dalam ketuntasan karena telah menunjukkan kemampuan dan pemahaman yang baik. Maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan telah efektif dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Metode Role Playing, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | 65 Wardah Wike |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 04:52 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 04:52 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year