Aisyah, Indira Fitri (2025) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap berpikir kritis siswa kelas 4 sdn pakis 5 surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
cover-abstrak.pdf Download (609kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
INDIRA_FITRI_AISYAH_21650028_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Artikel Indira (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaraan Problem Based Learning berbasis pembeljaran berdiferensiasi terhadap berpikir kritis siswa. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa model pengajaran tradisional cenderung pasif, sehingga siswa kurang aktif terlibat dalam pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis mereka masih rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experiment (Nonequivalent Control Group Design) yang melibatkan dua kelompok kelas: eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen (4B) menerima pembelajaran dengan model PBL berbasis berdiferensiasi, sedangkan kelas kontrol (4C) menggunakan pembelajaran langsung. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 4 SDN Pakis V Surabaya tahun ajaran 2024/2025, dengan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan tingkat kemampuan siswa (tinggi, sedang, rendah). Instrumen penelitian meliputi soal pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, serta lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Validitas instrumen diuji oleh validator ahli, dan reliabilitas diuji menggunakan Cronbach's Alpha. Uji normalitas dan homogenitas juga dilakukan sebelum analisis data menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 52,83 (53%) dan meningkat menjadi 80,83 (81%) pada posttest, menunjukkan selisih 28%. Sementara itu, kelas kontrol hanya mengalami peningkatan dari 48 (48%) pada pretest menjadi 61,83 (62%) pada posttest, dengan selisih 14% .Uji-T menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) untuk kedua kelompok, yang mengindikasikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, yaitu terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model PBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap berpikir kritis siswa.Integrasi model PBL dengan pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 4, khususnya dalam mata pelajaran Matematika. Pendekatan ini memungkinkan personalisasi pembelajaran, aktivasi skema kognitif, konstruksi pengetahuan aktif, dan refleksi metakognitif, yang sangat penting untuk menghadapi tantangan abad ke-21.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berdiferensiasi terhadap berpikir kritis |
Subjects: | P Language and Literature > PZ Childrens literature |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | S.Pd Indira Indira Fitri Aisyah |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:38 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 03:38 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year