Ardani, Vindi Novi (2025) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Murid Kelas 4 Di SDN Dukuh Kupang V Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI..pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
Abstract
ABSTRAK Ardani, Vindi Novi, 2025, Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Murid Kelas 4 Di Sdn Dukuh Kupang V Surabaya, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Pembimbing (I) Yudha Popiyanto, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing (II) Dr. Ir. Endang Noerhartati, M.IP. Kata kunci: Media audio visual, Hasil belajar IPAS, Kelas 4 SDN Dukuh Kupang V Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS murid kelas 4 SDN Dukuh Kupang V Kota Surabaya Tahun 2024/2025. Latar belakang penelitian ini adalah pemeblajaran IPAS di SDN Dukuh Kupang V Surabaya masih didominasi metode konvensional yang membuat murid kurang antusias dan hasil belajar kurang optimal. Pendekatan yang digunakan yaitu Kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah Eksperimen dengan model Nonewuivalent Control Group Desaign. Subjek penelitian ini adalah murid kelas 4 SD, guru kelas, serta ahli media dan materi. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media audio visual ini memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik menurut ahli media dan materi. Penggunaan media audio visual tersebut dalam proses pembelajaran juga terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS, yang ditunjukkan oleh peningkatan skor pretest dan posttest. Media audio visual menjadi solusi inovatif yang mampu menyajikan materi secara konkret, interaktif, dan menarik, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar murid. Kesimpulannya, media ajar ini layak dan efektif digunakan sebagai alat bantu ajar dalam pembelajaran IPAS di kelas tinggi. ABSTRACT Ardani, Vindi Novi, 2025, Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Murid Kelas 4 Di Sdn Dukuh Kupang V Surabaya, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Pembimbing (I) Yudha Popiyanto, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing (II) Dr. Ir. Endang Noerhartati, M.IP. Keywords: Audio visual media, Science learning outcomes, Grade 4 SDN Dukuh Kupang V Surabaya. This study aims to determine the influence of the use of audio-visual media on the science learning outcomes of grade 4 students of SDN Dukuh Kupang V, Surabaya City in 2024/2025. The background of this research is that science learning at SDN Dukuh Kupang V Surabaya is still dominated by conventional methods which make students less enthusiastic and learning outcomes less than optimal. The approach used is Quantitative with the method used is Experiment with the Nonewuivalent Control Group Design model. The subjects of this study were 4th grade elementary school students, class teachers, and media and material experts. Data collection instruments were in the form of learning outcome tests and documentation. The validation results show that this audio-visual media has a very good level of suitability according to media and material experts. The use of audio-visual media in the learning process has also proven effective in improving science learning outcomes, as indicated by an increase in pretest and posttest scores. Audio visual media is an innovative solution that is able to present material in a concrete, interactive, and interesting way, so that it can improve students' understanding and learning outcomes. In conclusion, this teaching media is feasible and effective to be used as a teaching aid in learning science in high classes.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media audio visual, Hasil belajar IPAS, Kelas 4 SDNDukuh KupangV Surabaya. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Vindi Novi Ardani |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 05:26 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 05:26 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year