Pengaruh fomo dan brand community terhadap keputusan pembelian RMT pada game undawn

Sabilah, Aziz Hakim (2025) Pengaruh fomo dan brand community terhadap keputusan pembelian RMT pada game undawn. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI AZIZ HAKIM SABILAH.pdf

Download (993kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB) | Request a copy
[img] Text
aziz cek 2-1-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text
aziz cek 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL PENGARUH FEAR OF MISSING OUT DAN BRAND COMMUNITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GAME UNDAWN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) dan Brand Community terhadap keputusan pembelian Real Money Trading (RMT) pada pemain game Undawn. Fenomena pembelian item digital melalui transaksi RMT semakin marak, terutama didorong oleh tekanan sosial dan keterlibatan dalam komunitas game. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 48 responden yang memenuhi kriteria usia 18–25 tahun dan pernah melakukan pembelian RMT. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FoMO berpengaruh signifikan namun negatif terhadap keputusan pembelian RMT (p = 0,002; t = 3,633), yang mengindikasikan bahwa semakin tinggi FoMO, justru dapat menimbulkan keraguan atau tekanan emosional dalam pengambilan keputusan pembelian. Sementara itu, Brand Community berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (p = 0,000; t = 4,044), yang berarti keterlibatan dalam komunitas game mendorong intensi pembelian item digital. Secara simultan, FoMO dan Brand Community memberikan kontribusi sebesar 21,91 terhadap keputusan pembelian (adjusted R² = 0,219), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Fear of Missing Out (FoMO), Brand Community, Keputusan Pembelian, RMT, Game Undawn
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: 42 Aziz Hakim Sabilah UWKS
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:18
Last Modified: 16 Sep 2025 03:18
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20931

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year