Analisis Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Iklan Produk Sabun Wajah Laki-laki Di Instagram

Alfarizi, Fardhan Arsyal (2025) Analisis Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Iklan Produk Sabun Wajah Laki-laki Di Instagram. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
TURNITIN FARDHAN-62-70.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
TURNITIN FARDHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian tertulis bertujuan untuk mendesripsikan penggunaan diksi dan gaya bahasa pada iklan produk sabun wajah di platform instagram, penelitian tertulis juga ditujukan agar pengguna instagram dapat menafsirkan penyampaian iklan sabun wajah di instagram, khususnya laki-laki. Selain itu, para produsen atau pengiklan dapat menjadikan penelitian tertulis sebagai bahan evaluasi untuk merancang iklan produk yang lebih menarik dan persuasif, sehingga meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk melalui plaform instagram. Penelitian tertulis merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dari isi iklan. Dalam penelitian tertulis penulis mendeskripsikan penggunaan diksi dan gaya bahasa dalam iklan produk sabun wajah laki-laki di media instagram. Hasil penelitian tertulis menunjukkan bahwa penggunaan diksi, baik berdasar pada makna denotatif atau konotatif, serta yang menggunakan leksikal pada iklan produk sabun wajah, telah sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh Keraf, pemilihan diksi digunakan untuk menyampaikan pesan, baik secara langsung maupun kiasan. Selain itu, penggunaan ragam gaya bahasa perbandingan, perulangan, dan ajakan dalam iklan produk sabun wajah juga selaras dengan teori yang dikemukakan Tarigan. Dengan memanfaatkan ragam gaya bahasa, perancang iklan dapat menyampaikan pesan dan menekankan dari setiap keunggulan produk. Kata kunci : Diksi, Gaya Bahasa, Pengaruh, Iklan, Sabun Wajah

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Indonesian Language Education Study Program
Depositing User: fardhan arsyal alfarizi
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:19
Last Modified: 01 Oct 2025 07:19
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20909

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year