Kajian Pustaka Tentang Pekerja Sosial Sekolah di Sekolah Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Hana, Munifatul (2025) Kajian Pustaka Tentang Pekerja Sosial Sekolah di Sekolah Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
CEK PLAGIASI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
CEK PLAGIASI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
Artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang peran pekerja sosial sekolah di sekolah inklusif untuk anak berkebutuhan khusus. Fokus utama penelitian ini adalah menelaah dan menganalisis literatur atau hasil penelitian terdahulu yang relevan mengenai pekerja sosial sekolah di sekolah inklusif untuk anak berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research).Berdasarkan hasil penelitian maka ada beberapa temuan penting yaitu; 1. Terdapat 15 standar peran pekerja sosial sekolah yang dikeluarkan oleh NASW (2025); 2. Praktik pekerjaan sosial dilaksanakan berdasarkan standar praktik pekerjaan sosial; 3. Pekerja sosial sekolah memainkan peran penting sebagai tim interdisipliner, sebagai konselor, sebagai advokasi, penyusunan rencana intervensi, serta kolaborasi dengan guru dan orang tua.Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran pekerja sosial di sekolah sangat strategis dalam mendorong pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Meskipun belum banyak diterapkan secara formal di sekolah-sekolah di Indonesia, konsep "School Social Work" menjadi peluang besar untuk dikembangkan lebih lanjut.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Peran Pekerja Sosial Sekolah, Sekolah Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences
Depositing User: 53 munifatul hana uwks
Date Deposited: 07 Oct 2025 02:03
Last Modified: 07 Oct 2025 02:03
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20903

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year