Muhsinin, Alif Sufi (2025) Rancang Bangun Game Cerita Interaktif Berbasis Ink Sebagai Media Pembelajaran Matematika Anak Sekolah Dasar. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (958kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Laporan Cek Plagiasi 1.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
Laporan Cek Plagiasi 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Artikel.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran matematika sering kali dianggap sulit dan kurang menarik bagi anak-anak sekolah dasar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah game cerita interaktif berbasis Ink sebagai media pembelajaran matematika yang lebih menyenangkan. Game ini mengusung konsep cerita petualangan di dunia fiksi, di mana pemain mengikuti perjalanan karakter utama melalui beberapa tahapan, seperti di Bumi, luar angkasa, stasiun luar angkasa, hingga misi di bulan. Dalam perjalanan tersebut, pemain dihadapkan dengan berbagai tantangan matematika yang mencakup operasi dasar, pecahan, bilangan desimal, pengukuran, dan geometri, yang diintegrasikan secara kontekstual ke dalam alur cerita. Pendekatan ini dirancang agar pembelajaran matematika menjadi lebih menarik, mudah dipahami, serta meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan berhasil memadukan metode cerita dan game pembelajaran dengan baik. Berdasarkan pengujian black box, dari 50 skenario percobaan 99% sesuai dengan yang direncanakan, seperti mini game sesuai materi, sistem skor, penyimpanan progres, dan penghargaan. Selain itu, berdasarkan hasil kuesioner kepuasan pengguna (EUCS) juga menunjukkan tingkat kepuasan yang sangat puas dengan persentase 68.5%, terutama pada aspek kemudahan penggunaan, tampilan antarmuka, dan kesesuaian materi dengan kurikulum kelas 4 SD. Dengan demikian, aplikasi ini dapat menjadi media pembelajaran tambahan yang interaktif dan efektif untuk membantu siswa belajar matematika.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Game, Ink ,Game Pembelajaran. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Computer Science or Informatics Study Program |
Depositing User: | Alif Sufi Muhsinin |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 05:13 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 05:13 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20807 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year