Penerapan Analisis Cost Volume Profit (CVP) Sebagai Alat Perencanaan Laba pada CV. Martini Putra Jaya

Waradi, Octavialinsi Dian (2025) Penerapan Analisis Cost Volume Profit (CVP) Sebagai Alat Perencanaan Laba pada CV. Martini Putra Jaya. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text
CEK TURNITIN (PROSENTASE).pdf

Download (78kB)
[img] Text
CEK TRUNITIN FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan analisis Cost Volume Profit (CVP) sebagai alat perencanaan laba pada perusahaan distributor mesin inkjet printer CV. Martini Putra Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mentode studi kasus di mana data dan informasi dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi internal perusahaan. Fokus utama penelitian ini adalah mengevalusi bagaimana analisis CVP dapat digunakan dalam menyusun strategi penjualan dan perencanaan laba yang lebih terstruktur dan efisien, yang berfokus pada produk yang mengalami fluktuasi penjualan. Dengan menggunakan perhitungan CVP, perusahaan dapat mengetahui margin kontribusi produk, titik impas atau BEP, dan margin of safety atau batas aman penurunan penjualan dapat terjadi, serta melakukan perencanaan laba yang dapat membantu perusahaan dalam mencapai target laba. Setelah mengetahui hasil dari analisis CVP, perusahaan dapat menyusun strategi penjualan yang sesuai untuk meningkatkan penjualan dan mencapai target laba. Strategi yang dapat dilakukan misalnya dengan menurunkan harga sedikit dan mengombinasikan dengan promosi agresif untuk menjangkau lebih banyak segmen, menambahkan layanan purna jual, atau garansi lebih panjang. Perusahaan juga dapat menawarkan paket bundling yaitu dengan menjual satu paket yang berisi mesin, tinta, dan pelatihan awal dengan harga khusus.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Analisis CVP, margin kontribusi, BEP, margin of safety, perencanaan laba
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: Octavialinsi Dian Waradi
Date Deposited: 03 Oct 2025 02:07
Last Modified: 03 Oct 2025 02:07
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20777

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year