PUTRI, LUCKITA BUDIARTI UTAMI (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOOK AUGMENTED REALITY TERINTEGRASI ASSEMBLR EDU TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XI SMA WIDYA DARMA SURABAYA. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI PRESENTASE.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
![]() |
Text
CEK PLAGIASI FINAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (990kB) |
![]() |
Text
Artikel Luckita.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
Abstract
Teknologi augmented reality adalah objek digital tiga dimensi yang ditampilkan melalui kamera, sehingga terlihat seperti bagian dari lingkungan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengalaman baru dalam penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran, khususnya dengan aplikasi Assemblr Edu. Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Smart Book Augmented Reality terintegrasi Assemblr Edu terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI di SMA Widya Darma Surabaya. Jenis penelitian mix method, Metode penelitian menggunakan pre experimental design. Dalam penelitian ini digunakan desain one-group pretest posttest design. Teknik pemilihan sampel dilakukan secara Purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar dan lembar validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak, dengan skor validasi media sebesar 89,29% dan validasi materi sebesar 86,88%. Analisis statistik dengan uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai Pretest dan Posttest peserta didik (nilai signifikansi 0,000 < 0,05), artinya media yang dikembangkan efektif mendukung pemahaman dan hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi sel. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis AR efektif sebagai alternatif baru dalam pengajaran biologi, khususnya dalam pembelajaran struktur dan fungsi sel yang bersifat abstrak. Kata kunci: Augmented Reality, Hasil Belajar, Kelayakan Media, Efektivitas, Sel
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > English Language Education Study Program |
Depositing User: | 2164 Putri Luckita |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:52 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 03:52 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year