Heriyanto, Yoel Kristandi (2025) Perilaku Informasi Siswa Dalam Pencarian Informasi Akademik Di Perpustakaan SDN Banyu Urip III Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
![]() |
Text
Dafpus.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber daya penting dalam pendidikan yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan literasi dan menemukan informasi yang relevan. Perilaku siswa dalam menelusuri informasi di perpustakaan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Perilaku siswa ini meliputi bagaimana mereka mengakses, memilih, dan menggunakan sumber informasi yang tersedia di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang komprehensif mengenai perilaku siswa dalam menelusuri informasi di Perpustakaan SDN Banyu Urip III Surabaya. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan ditentukan secara purposive sampling berjumlah 4 (empat) orang yaitu dua orang guru pengelola perpustakaan dan dua orang siswa kelas 6. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa motivasi siswa dalam mencari informasi di perpustakaan untuk memenuhi kesenjangan pengetahuaanya ketika ada tugas tugas pelajaran (aspek kognitif), untuk hiburan dengan membaca buku fiksi atau bermain mainan tradisional (aspek afektif), dan bacaan informasi serta aktifitas lainnya (aspek fisiologis). Sumber informasi berupa buku-buku baik buku fiksi, non fiksi, majalah, dan surat kabar yang tersedia di perpustakaan. Saluran informasi berupa computer online dan handphone untuk mengakses informasi online. Perilaku pencarian informasi akademik siswa pada tingkat intelektual dan mental, mereka mengerti langsung mencari dan menemukan buku yang dibutuhkannya dalam rak perpustakaan. Perilaku penggunaan informasi akademik siswa setelah mereka menemukan informasi akademik yang dicarinya, mereka melakukan tindakan secara fisik dan mentalnya dengan cara mencatat atau menuliskan kembali informasi dalam sebuah buku. Dengan memahami perilaku dan kebutuhan siswa, sekolah dapat mengambil langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas layanan perpustakaan. Kata Kunci: Perilaku Informasi, Pencarian Informasi, Perpustakaan Sekolah
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Sociology Study Program |
Depositing User: | 54 yoel kristandi uwks |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 02:03 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 02:03 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year