Nasur, Grasela Mirani (2025) Optimalisasi Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Sekutren di Daerah Perbatasan RI-RDTL (NTT). [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (686kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) | Request a copy |
![]() |
Text
JURNAL (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Grasela Mirani Nasur. 2021. Optimalisasi Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa SD Negeri Sekutren Di Daerah Perbatasan RI-RDTL. Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya 2021. Pembimbing (I) Drs. Bakhtiar, S.Sos., M.IP, (II) Bambang Prakoso, S.Sos., M.IP. Kata kunci: Optimalisasi, Perpustakaan Sekolah, Koleksi, Sarana dan Prasarana Penelitian ini membahas mengenai Optimalisasi Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa SD Negeri Sekutren Di Daerah Perbatasan RI-RDTL. Dengan tujuan dalam penelitian ini mengetahui jumlah koleksi dan sarana prasarana yang berada di SD Negeri Sekutren, apakah sudah sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP 007:2012). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengelolaan perpustakaan dan koleksi apa saja yang terdapat di perpustakaan itu, apakah koleksi itu masih layak pakai atau tidak dan akses/sarana prasarana apa yang terdapat di perpustakaan itu yang berada di daerah perbatasan (RI-RDTL). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasai. Dalam penelitian ini peneliti melakukan beberapa langkah untuk mengidentifikasi aspek-aspek optimalisasi perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dan menentukan permasalahan utama, seperti bagaimana pemanfaatan perpustakaan oleh siswa dan guru, serta kendala yang dihadapi. Dengan pendekatan ini, penelitian akan menghasilkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana perpustakaan di SD Negeri Sekutren dapat dioptimalkan sebagai sumber belajar bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah diteliti oleh penulis dapat disimpulkan bahwa Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Sekutren belum jumlah koleksi, jenis koleksi, bahan pustaka, referensi, dan perawatan bahan perpustakaan yang masih sangat minim. Sedangkan untuk standar sarana dan prasarana ada beberapa yang belum memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP 007:201) terutama untuk luas gedung/ruang yang masih sangat kecil dan utuk sarana seperti area dan lokasi juga masih belum memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP 007:2012).
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi, Perpustakaan Sekolah, Koleksi, Sarana dan Prasarana |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program |
Depositing User: | Grasela Mirani Nasur |
Date Deposited: | 05 May 2025 03:46 |
Last Modified: | 05 May 2025 03:46 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year