Dewi, Blandina Suprianata (2025) PROGRAM PENGISIAN WAKTU LUANG ABK TUNA GRAHITA DI PANTI BHAKTI LUHUR SIDOARJO DALAM MENUNJANG KEMANDIRIAN. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)
![]() |
Text
ABSTRAK-1.pdf Download (593kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
![]() |
Text
TURNITIN.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
TURNITIN FULL BAB.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
JURNAL BLANDINA.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
Abstract
Waktu luang dapat menimbulkan kesenjangan tergantung pada bagaimana seseorang mengisinya. Dari segi pengisian, waktu luang merupakan waktu yang dihabiskan sesuai dengan pilihan individu. Sementara itu, berdasarkan fungsinya, waktu luang berperan dalam mengoptimalkan kapasitas individu, meningkatkan kualitas diri, serta menambah kebugaran mental. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak yang mengalami keterbatasan atau kekurangan dalam aspek fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang berdampak signifikan pada pertumbuhan dan perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pengisian waktu luang bagi ABK Tuna Grahita di Panti Bhakti Luhur Tropodo serta menganalisis peran pengasuh dalam mendukung kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori motivasi, pembelajaran sosial, dan kebutuhan aktualisasi diri, dengan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis kegiatan pengisian waktu luang bagi ABK Tuna Grahita di Panti Bhakti Luhur Tropodo, yaitu kegiatan pelatihan keterampilan, kegiatan jasmani, dan kegiatan sosial. Selain itu, ditemukan bahwa pengasuh memiliki tiga peran utama dalam mendukung kegiatan tersebut, yakni sebagai perencana kegiatan, fasilitator, dan motivator. Kata Kunci : Waktu Luang, Anak Berkebutuhan Khusus, Tuna Grahita.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Social Welfare Study Program |
Depositing User: | 53 Blandina Suprianata Dewi uwks |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 06:09 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 06:09 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/19602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year