Yulianto, Mashudi (2025) Analisis Preferensi Konsumen Buah Semangka (Citrullus lanatus) Di Pasar Tradisional Kabupaten Pasuruan. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (938kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
TURNITIN PLAGIASI %.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
TURNITIN PLAGIASI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
artikel.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) | Request a copy |
Abstract
Buah semangka (Citrullus lanatus) menjadi salah satu favorit masyakat di Indonesia, karena rasanya yang manis, segar, dan kaya akan manfaat untuk tubuh. Dalam pembelian buah semangka di pasar tradisional Kabupaten Pasuruan para konsumen mempertimbangkan faktor seperti harga, warna, ukuran, dan bentuk. Permasalahan utama yang dihadapi pedagang adalah memahami preferensi konsumen secara spesifik agar dapat meningkatkan penjualan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis hubungan atribut buah semangka (harga, ukuran, warna, dan bentuk) terhadap tingkat konsumsi buah semangka, (2) menganalisis prilaku konsumen terhadap atribut buah semangka, (3) mengetahui preferensi konsumen terhadap atribut buah semangka di pasar tradisional Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2024 dengan lokasi penelitian dilakukan di tiga pasar yaitu: pasar Gondangwetan, Pasar Pasrepan, dan Pasar Purwosari. Penentuan responden dilakukan secara accidental sampling dengan jumlah 50 responden. Data dianalisis menggunakan Chi-Square dan Multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukan: (1) Adanya hubungan signifikan antara atribut buah semangka dengan tingkat konsumsi semangka harga, warna, ukuran, dan bentuk berpengaruh dominan terhadap preferensi konsumen. (2) Konsumen menunjukkan sikap positif terhadap atribut semangka, mencerminkan kepuasan terhadap kualitas semangka di pasar (3) Atribut yang paling disukai oleh konsumen adalah warna daging cerah, harga yang terjangkau, ukuran sesuai dengan kebutuhan konsumsi mereka, bentuk bulat.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Preferensi konsumen, Chi Square, Multiatribut Fishbein, Pasar Tradisional |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Agribusiness Study Program |
Depositing User: | Muhammad Mashudi Yulianto |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 03:37 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 03:37 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/19524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year