Leonar, Virginia (2024) PENGEMBANGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS NILAI KARAKTER 5T UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA SDN PAKIS V SURABAYA. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)
Text
abtrak.pdf Download (375kB) |
|
Text
bab 1 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
Text
bab 2 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
|
Text
bab 3 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
Text
bab 4 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
daftar pustaka (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
jurnal.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
turnitin full.pdf Download (31kB) |
|
Text
skripsi virginia leonar indrayana....pdf Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan adversity quotient atau daya juang pada siswa SDN Pakis V Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi empat tahap, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Pakis V Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, efektivitas, dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui : a. Ahli Produk (media dan materi) diperoleh hasil 85% untuk buku panduan model discovery learning berbasis 5T dan media digital power point, b. Ahli Materi diperoleh hasil 92,5% untuk buku panduan model discovery learning berbasis 5T dan media digital power point. Efektivitas produk dinilai dari respon siswa diperoleh hasil 88,64% untuk buku panduan model discovery learning berbasis 5T dan media digital power point. Peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat dari tes hasil belajar 28 siswa dengan diperoleh hasil pre-test dengan rata rata 63,57% dan hasil post-test dengan rata rata 87,86%, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat 24,46%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan adversity quotient siswa, yang dapat dilihat dari hasil observasi dan tes siswa kelas V di SDN Pakis V Surabaya secara signifikan. Kata kunci: Discovery Learning, Berbasis Nilai Karakter 5T, dan Adversity Quotient
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Berbasis Nilai Karakter 5T, dan Adversity Quotient |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science |
Depositing User: | Supriyo . |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 10:55 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 10:55 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/19357 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year