EMANUEL, LAMBERTUS MEKO (2024) PENGGUNAAN LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS 1B SDK XAVERIUS SURABAYA. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
ABSTRAK.pdf Download (373kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
Text
ARTIKEL EMANUEL LAMBERTUS MEKO.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text
LAMPIRAN-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
CEK PLAGIAT.pdf Download (24kB) |
|
Text
CEK PLAGIAT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Media Pembelajaran PAKEM untuk Perkembangan Kognitif Siswa Kelas 1B SDK Xaverius Surabaya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, pembimbing: 1. Dra Suprihatien M.M., M.Pd. 2. Diyas Age Larasati, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini berfokus pada penggunaan lagu anak sebagai media pembelajaran PAKEM untuk perkembangan kognitif siswa kelas 1B SDK Xaverius Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan lagu anak sebagai bagian dari metode Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) untuk perkembangan kognitif siswa. Desain penelitian ini melibatkan penggunaan lagu anak sebagai alat bantu mengajar untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas 1B SDK Xaverius Surabaya. Konteks penelitian difokuskan pada perkembangan kognitif siswa melalui penggunaan lagu dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan lagu anak sebagai bagian dari metode PAKEM secara signifikan meningkatkan minat dan motivasi siswa kelas 1B dalam belajar. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi aktivitas guru dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu anak-anak sebagai media PAKEM memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan kognitif siswa. Pada pertemuan pertama, aktivitas guru memperoleh persentase 84,09% yang tergolong sangat baik, sementara pada pertemuan kedua meningkat menjadi 97,73% yang juga tergolong sangat baik. Keterlibatan siswa juga menunjukkan peningkatan dari 84,09% pada pertemuan pertama menjadi 97,73% pada pertemuan kedua. Hasil belajar siswa mencapai persentase 95%, yang juga tergolong dalam kategori sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran PAKEM merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan perkembangan kognitif siswa. Rekomendasi untuk siswa, guru, dan peneliti diberikan untuk lebih mendukung integrasi lagu anak-anak dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Lagu anak-anak, PAKEM, perkembangan kognitif dan media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Emanuel Lambertus Meko |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 07:13 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 07:13 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/19162 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year