SISTEM PREDIKSI KEBUTUHAN BBM DAN CLUSTERING PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS

Krisnadi, Ilham (0024) SISTEM PREDIKSI KEBUTUHAN BBM DAN CLUSTERING PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
AERTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

SPBU 54.601.12 merupakan salah satu penyedia jasa penjualan BBM di kota Surabaya. Seiring berjalanya waktu jumlah pelanggan mulai mengalami kenaikan sehingga penjualan BBM mulai meningkat. Pihak SPBU sering mengalami kesalahan perhitungan dalam menentukan jumlah pembelian BBM dikarenakan meningkatnya jumlah penjualan BBM yang dapat mempengaruhi perencanaan pembelian sehingga perhitungan tidak akurat sehingga mengakibatkan stok BBM kehabisan dan akhir-akhir ini beberapa jenis BBM mulai diminati oleh pelanggan, akan tetapi pihak SPBU tidak dapat mengetahui apa saja jenis BBM yang diminati pelanggan. Maka dari itu diperlukan suatu cara agar pihak SPBU dapat mengetahui jumlah BBM yang dibeli supaya tidak kehabisan stok dan pihak SPBU bisa mengetahui jenis BBM mana saja yang diminati oleh pelanggan.salah satu caranya adalah dengan metode K-Means, dengan metode tersebut bisa membantu untuk menghitung jumlah BBM yang ingin dibeli dan mengelompokan pelanggan berdasarkan BBM yang diminati. Hasil dari metode K-Means ternyata dapat meningkatkan keberhasilan dalam perhitungan pembelian BBM dan lebih akurat, maka dari itu metode K-Means dapat mendukung sistem dengan baik. Kata kunci : BBM , K-Means, Perencanaan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer Science or Informatics Study Program
Depositing User: Ilham krisnadi
Date Deposited: 07 Nov 2024 06:29
Last Modified: 07 Nov 2024 06:29
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/19014

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year