Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V SD Widya Adi Putera Surabaya

Yanti Putri, Intan Febri (2024) Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V SD Widya Adi Putera Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
PRESENTASE SKRIPSI Intan Febri Yanti Putri.pdf

Download (34kB)
[img] Text
CEK PLAGIASI Intan Febri Yanti Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Artikel Intan Febri Yanti Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SD Widya Adi Putera Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi empat tahap, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Widya Adi Putera Surabaya yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, efektivitas, dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui : a. Ahli Materi diperoleh hasil 97,2% untuk modul ajar dan 100% untuk bahan ajar interaktif b. Ahli Media diperoleh hasil 94,4% untuk modul ajar dan 97,2% untuk bahan ajar interaktif. Efektivitas bahan ajar dinilai dari respon siswa diperoleh hasil 91,8% untuk modul ajar dan 92,2% untuk bahan ajar interaktif, semetara itu respon guru diperoleh hasil 90,0% untuk modul ajar dan 92.5% untuk bahan ajar interaktif. Peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat dari tes hasil belajar 23 siswa dengan diperoleh hasil pre-test dengan rata rata 65.2% dan hasil post-test dengan rata rata 85.6%, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat 20.4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar yang dikembangkan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SD Widya Adi Putera Surabaya secara signifikan.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Bahasa Indonesia, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Intan Febri Yanti Putri
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:32
Last Modified: 17 Sep 2024 07:32
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18942

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year