Yanti Putri, Intan Febri (2024) Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V SD Widya Adi Putera Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
Text
ABSTRAK.pdf Download (472kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
PRESENTASE SKRIPSI Intan Febri Yanti Putri.pdf Download (34kB) |
|
Text
CEK PLAGIASI Intan Febri Yanti Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
Jurnal Artikel Intan Febri Yanti Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SD Widya Adi Putera Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi empat tahap, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Widya Adi Putera Surabaya yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, efektivitas, dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui : a. Ahli Materi diperoleh hasil 97,2% untuk modul ajar dan 100% untuk bahan ajar interaktif b. Ahli Media diperoleh hasil 94,4% untuk modul ajar dan 97,2% untuk bahan ajar interaktif. Efektivitas bahan ajar dinilai dari respon siswa diperoleh hasil 91,8% untuk modul ajar dan 92,2% untuk bahan ajar interaktif, semetara itu respon guru diperoleh hasil 90,0% untuk modul ajar dan 92.5% untuk bahan ajar interaktif. Peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat dari tes hasil belajar 23 siswa dengan diperoleh hasil pre-test dengan rata rata 65.2% dan hasil post-test dengan rata rata 85.6%, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat 20.4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar yang dikembangkan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SD Widya Adi Putera Surabaya secara signifikan.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Bahasa Indonesia, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Intan Febri Yanti Putri |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 07:32 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 07:32 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18942 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year