Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS SDN Pakis V Surabaya

Hanifa, Rosda (2024) Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS SDN Pakis V Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[img] Text
JURNAL ROSDA HANIFA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
ROSDA HANIFA TURNITIN 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
ROSDA HANIFA TURNITIN 2.pdf

Download (27kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan:(1) untuk menghasilkan produk berupa media animasi pembelajaran berbasis Canva yang layak dan efektif digunakan untuk kegiatan belajar siswa kelas IV-B SDN Pakis V Surabaya. (2) Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). (3) pengumpulan data menggunakan instrumen angket uji validasi untuk ahli media, ahli materi, siswa dan tes soal pre-test dan post-test. (4) Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan valid atau layak berdasarkan uji validitas oleh : a. Ahli media diperoleh hasil 93,75% dengan kriteria layak/valid, b. Ahli Materi diperoleh hasil 90% dengan kriteria layak/valid, c. siswa diperoleh hasil 94,3% dengan kriteria layak, d. Tes hasil belajar siswa 29 siswa rata-rata nilai yang diperoleh pada hasil pre-test 62,79 sedangkan rata-rata nilai yang diperoleh pada hasil post-test 94,48 sehingga hasil belajar meningkat 28,7%. Dari hasil uji coba diatas dapat disimpulkan bahwa media animasi pembelajaran berbasis Canva materi kekayaan budaya Indonesia dinyatakan efektif digunkan dalam proses pembelajaran mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia siswa kelas IV SDN Pakis V Surabaya. Kata Kunci: pengembangan media animasi, Canva, IPAS.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: pengembangan media animasi, Canva, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Rosda Hanifa Hanifa
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:40
Last Modified: 17 Sep 2024 07:40
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18907

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year