Dewi, Zenda Kariliana (2024) Pengaruh Media Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Di SDN Pakis V Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)
Text
SKRIPSI (AWAL COVER-DAFTAR GAMBAR).pdf Download (218kB) |
|
Text
SKRIPSI (BAB 1).pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text
SKRIPSI (BAB 2).pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
|
Text
SKRIPSI (BAB 3).pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
|
Text
SKRIPSI (BAB 4).pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
SKRIPSI (BAB 5).pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
SKRIPSI (DAFTAR PUSTAKA).pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
Text
SKRIPSI (LAMPIRAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
JURNAL SKRIPSI ZENDA FIKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
TURNITIN FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
TURNITIN PERSENTASE.pdf Download (24kB) |
Abstract
Pemahaman konsep perkalian siswa masih rendah dikarenakan pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan belum adanya penggunaan media yang tepat. Untuk mengatasi hal tersebut, maka media yang dapat digunakan yaitu media Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) berbasis digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) berbasis digital terhadap pemahaman konsep perkalian pada pembelajaran matematika di SDN Pakis V Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Ada 2 kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 62 siswa. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi penggunaan media Takalintar digital dan lembar pre-test dan post-test. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji validitas pre-test dan post-test, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan nilai sig (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) berbasis digital terhadap pemahaman konsep perkalian pada pembelajaran matematika di SDN Pakis V Surabaya.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Zenda Kariliana Dewi |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 03:36 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 03:36 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18906 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year