PENGARUH APLIKASI YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V SDN PAKIS V SURABAYA

Dewi, Dyah Ayu Buana Tungga (2024) PENGARUH APLIKASI YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V SDN PAKIS V SURABAYA. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)

[img] Text
DYAH PGSD BAB1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
DYAH PGSD BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
DYAH PGSD BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
DYAH PGSD BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
DYAH PGSD BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
DYAH DAPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
DYAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DYAH PGSD JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
DYAH PGSD TURNITIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
DYAH PGSD %.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
DYAH PGSD ABSTRAK baru.pdf

Download (860kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari ada tidaknya pengaruh aplikasi YouTube terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi siklus air kelas V Sekolah Dasar Negeri Pakis V Surabaya. Tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Pakis V Surabaya. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen (5.C) dan kelas kontrol (5.D). data dikumpulkan melalui tes, kemudian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) gambaran penggunaan media pembelajaran aplikasi YouTube berjalan dengan sangat baik, dikarenakan mengalami peningkatan yang sangat signifikan, (2) gambaran peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial pada siswa kelas 5.C menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial lebih baik daripada kelas kontrol setelah kelas eksperimen menerima perlakuan, (3) pengaruh media pembelajaran YouTube terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi siklus air pada siswa kelas V, berdasarkan hasil analisis statistik SPSS, terdapat pengaruh positif media pembelajaran YouTube terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi siklus air pada siswa kelas V.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Dyah Ayu Buana Tungga Dewi Dewi
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:32
Last Modified: 13 Jan 2025 03:32
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18834

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year