Dewi, Dyah Ayu Buana Tungga (2024) PENGARUH APLIKASI YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V SDN PAKIS V SURABAYA. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)
Text
DYAH PGSD BAB1.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
Text
DYAH PGSD BAB2.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
|
Text
DYAH PGSD BAB3.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
DYAH PGSD BAB4.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
|
Text
DYAH PGSD BAB5.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
Text
DYAH DAPUS.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
DYAH LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
DYAH PGSD JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
DYAH PGSD TURNITIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
DYAH PGSD %.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
DYAH PGSD ABSTRAK baru.pdf Download (860kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari ada tidaknya pengaruh aplikasi YouTube terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi siklus air kelas V Sekolah Dasar Negeri Pakis V Surabaya. Tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Pakis V Surabaya. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen (5.C) dan kelas kontrol (5.D). data dikumpulkan melalui tes, kemudian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) gambaran penggunaan media pembelajaran aplikasi YouTube berjalan dengan sangat baik, dikarenakan mengalami peningkatan yang sangat signifikan, (2) gambaran peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial pada siswa kelas 5.C menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial lebih baik daripada kelas kontrol setelah kelas eksperimen menerima perlakuan, (3) pengaruh media pembelajaran YouTube terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi siklus air pada siswa kelas V, berdasarkan hasil analisis statistik SPSS, terdapat pengaruh positif media pembelajaran YouTube terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi siklus air pada siswa kelas V.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Dyah Ayu Buana Tungga Dewi Dewi |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 03:32 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 03:32 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18834 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year